Nama 19 Pendaftar Panwascam di Kabupaten Blitar Masuk Sipol

Nama 19 Pendaftar Panwascam di Kabupaten Blitar Masuk Sipol

Erliana Riady - detikJatim
Sabtu, 01 Okt 2022 13:37 WIB
Pendaftaran Panwascam di Kabupaten Blitar
Pendaftaran Panwascam di Kabupaten Blitar (Foto: Erliana Riady/detikJatim)
Blitar -

Sebanyak 19 nama pendaftar Panwascam di Kabupaten Blitar masuk dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Proses klarifikasi telah dilakukan KPU. Apakah mereka lolos sebagai Panwascam atau tidak, hasilnya disampaikan setelah Bawaslu menggelar rapat pleno.

Seperti diketahui, satu diantara syarat menjadi Panwascam adalah nama merela tidak masuk dalam Sipol, baik sebagai kader ataupun anggota Parpol.
Dalam proses pendaftaran Panwascam, mereka harus mengecek Sipol dulu untuk mengetahuinya. Ternyata, dari ratusan pendaftar Panwascam di Bawaslu Kabupaten Blitar, ada 19 nama yang masuk Sipol.

"Untuk memenuhi persyaratan sebagai Panwascam, kami anjurkan mereka mengadukan ini ke KPU Kabupaten Blitar. Mereka telah mengisi helpdesk di KPU dan telah dilakukan klarifikasi," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Solahuddin dikonfirmasi, Sabtu (1/10/2022).

KPU Kabupaten Blitar disaksikan Bawaslu telah melakukan klarifikasi kepada beberapa Parpol. Namun tiga Parpol tersebut tidak hadir. Dan hasilnya, parpol yang hadir bersedia menghapus nama yang masuk Sipol. Berdasarkan berita acara itu, Parpol akan mengirimkan daftar nama itu kepada admin Sipol di Jakarta sebagai operator yang bisa menghapusnya.

Dari beberapa kasus laporan pencatutan nama di Sipol, memang membutuhkan waktu untuk menghapusnya. Informasi yang dihimpun, jika yang bersangkutan memang tidak mengetahui latar belakang namanya masuk Sipol, proses penghapusan akan lebih cepat diselesaikan.

Berbeda jika kasusnya, nama yang masuk Sipol karena KTPnya dipinjam saudaranya namun tidak tahu jika didaftarkan sebagai kader Parpol. Atau, masa pemilu sebelumnya daftar sebagai anggota parpol.

namun setelah itu keluar tanpa laporan resmi ke parpol yang diikutinya. Untuk dua kasus ini, proses penghapusan data membutuhkan waktu verifikasi agak lama. Karena saat ini, juga sedang berjalan proses verifikasi administrasi Parpol sebagai peserta pemilu 2024 mendatang.

Lalu bagaimana dengan 19 nama pendaftar Panwascam yang proses penghapusan datanya tidak bisa cepat, Hakam menjawab, nasib mereka akan ditentukan dalam rapat pleno menjelang tanggal pengumuman lolos administratif.

"Pengumuman lolos administrasinya kan tanggal 12 Oktober. Kalau mendekati tanggal itu nama mereka belum terhapus dari Sipol, tanggal 11-nya akan kami gelar pleno," pungkasnya.



Simak Video "KPU Resmi Buka Akses Input Data Pendaftaran-Verifikasi Parpol Pemilu"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)