Perjuangan Tak Mudah Bupati Hilangkan Stigma Madiun Basis PKI

Perjuangan Tak Mudah Bupati Hilangkan Stigma Madiun Basis PKI

Sugeng Harianto - detikJatim
Sabtu, 01 Okt 2022 12:59 WIB
Bupati Madiun Ahmad Dawami
Bupati Madiun Ahmad Dawami (Foto: Sugeng Harianto/detikJatim)
Madiun -

Bupati Ahmad Dawami selama ini telah berusaha keras mengubah stigma Madiun sebagai basis Partai Komunis Indonesia (PKI). Hal ini ia sampaikan saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kresek.

Salah satu yang telah ditempuh, lanjut Dawami yakni dengan terus melakukan edukasi. Tak hanya itu, pihaknya juga membangun tugu baru sebagai tetenger bahwa Madiun pernah melawan penjajahan PKI dan Belanda.

"Jadi upaya menghilangkan stigma Madiun basis PKI terus kita gelorakan. Selain kita edukasi ke anak pelajar dan juga elemen masyarakat kita telah bangun tanda bahwa orang Madiun pernah menjadi korban penjajahan PKI dan juga penjajahan Belanda," kata Dawami, Sabtu (1/10/2022).

Pria yang akrab disapa Kaji Mbing itu menjelaskan ada beberapa titik bangunan untuk tetenger perlawanan penjajahan baik PKI maupun Belanda di Madiun. Antara lain tugu Tentara Genie Pelajar (TGP) di hutan Saradan. Ada juga tugu tetenger di hutan Kandangan untuk mengenang polisi yang gugur saat melawan penjajahan Belanda.

"Di Madiun ada titik titik tempat perlawanan terhadap Belanda, di Saradan sudah kita bangun Tentara Genie Pelajar," ujar Kaji Mbing.

Diungkapkan oleh Kaji Mbing, sebuah tugu juga di bangun di Dusun Kempo, Desa Kandangan, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Tugu ini mengenang Agen Polisi Satu Sakip Sansli yang gugur tertembak Belanda tahun 1949 di perkebunan kopi Batu Kandangan Kare Madiun.

"Di Kandangan ada Sakip Sanali Polisi yang jadi korban perang, naik lagi ada rute jenderal Sudirman. Juga di Dagangan ada AP Agen Polisi Gunawan juga dibuatkan tugunya. Semua agar tahu bahwa di Madiun juga pernah di jajah selain PKI ada Belanda," tandasnya.

Kaji Mbing berharap masyarakat ikut berpartisipasi dalam menyiarkan bahwa Madiun bukan kandang PKI tapi kota yang dijajah PKI.

"Saya tegaskan Madiun bukan basis PKI tapi kota yang dijajah PKI, selama 13 hari dikuasai PKI. Kita wajib teruskan perjuangan para pahlawan berjiwa Pancasila," tandasnya.



Simak Video "Lukas Tumiso, Eks Tapol Penyintas Pulau Buru"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)