Menengok Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kekejaman PKI Madiun

Menengok Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kekejaman PKI Madiun

Sugeng Harianto - detikJatim
Sabtu, 01 Okt 2022 10:17 WIB
upacara hari kesaktian pancasila di monumen kresek
Upacara hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kresek (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Monumen Kresek menjadi tetenger kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 1948 di Madiun. Selama 13 hari, PKI berkuasa dan membantai sejumlah tokoh dan ulama Madiun.

Setiap 1 Oktober yang ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila, digelar upacara di Monumen Kresek. Upacara diikuti elemen masyarakat dan Forkompinda Kabupaten Madiun. Sebagai inspektur upacara adalah Bupati Madiun H Ahmad Dawami.

Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun mengajak generasi muda tidak melupakan sejarah. Perjuangan menghilangkan stigma Madiun basis PKI harus terus dilakukan.

upacara hari kesaktian pancasila di monumen kresekUpacara hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kresek (Foto: Sugeng Harianto)

"Itu terus kita lakukan perjuangan menghilangkan stigma Madiun dikenal basis PKI yang salah. Madiun hanya tempat pemberontakan oleh PKI," kata Kaji Mbing usai upacara peringatan kesaktian Pancasila 1 Oktober di Monumen Kresek, Sabtu (1/10/2022).

Dalam kesempatan ini, Kaji Mbing meminta generasi muda untuk selalu menyuarakan bahwa Madiun bukan basis PKI. Setiap tahun peringatan hari kesaktian Pancasila akan selalu digelar untuk mengenang para korban yang gugur.

"Setiap tahun kita selalu peringati untuk mengenang para korban PKI di Monumen Kresek dengan upacara dan doa bersama," tandasnya.

Selain Forkompinda dan tokoh masyarakat, hadir pula Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto, Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono, Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo serta OPD Pemkab Madiun.

Juga dari pejabat Korem 081 Madiun, Kodim 0803 Madiun dan Brimob Polda Jatim, serta Lanud Iswahjudi. Usai pelaksanaan upacara, para undangan dan juga mahasiswa serta pelajar berkeliling Monumen Kresek melihat relief kekejaman PKI di Madiun.



Simak Video "Momen Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)