5 Kecamatan di Blitar Dapat Dropping Air Bersih saat Musim Kemarau

5 Kecamatan di Blitar Dapat Dropping Air Bersih saat Musim Kemarau

Fima Purwanti - detikJatim
Kamis, 29 Sep 2022 15:32 WIB
Lima Kecamatan di Blitar Dapat Dropping Air Bersih
BPBD Blitar dropping air bersih (Foto: Fima Purwanti/detikJatim)
Blitar -

5 Kecamatan di Kabupaten Blitar menerima dropping air bersih dari BPBD. Dropping air diberikan mulai pekan ini. Itu karena wilayah tersebut berpotensi mengalami kekeringan saat musim kemarau.

"Untuk tahap awal ini, kami lakukan dropping air di Kecamatan Panggungrejo. Ada sekitar 12 ribu liter air bersih yang kami berikan untuk warga sekitar," ujar Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ivong Bettryanto saat dikonfirmasi detikJatim, Kamis (29/9/2022).

Ivong menyebutkan, ada empat kecamatan lainnya yang juga akan mendapatkan dropping air bersih. Di antaranya, Kecamatan Bakung, Wates, Binangun, Panggungrejo dan Wonotirto. Dropping air bersih itu akan dilakukan secara bergantian.

"Sebagian sudah dropping air. Ini untuk antisipasi potensi kekeringan kepada warga. Karena memang air bersih adalah kebutuhan utama," jelasnya.

BPBD Kabupaten Blitar telah menyiapkan beberapa mobil tangki berisi air bersih. Selain itu, sejumlah petugas juga disiagakan untuk melakukan dropping air di sejumlah daerah.

Menurut Ivong, saat ini musim hujan diprediksi akan datang lebih awal. Sehingga potensi kekeringan bisa diminimalisir. Meskipun, pihak BPBD tetap akan melakukan dropping air bersih.

"Iya tetap akan dilakukan dropping air, karena hujan belum mereta di semua daerah," pungkasnya.



Simak Video "Suasana Pasar Tertua di Blitar yang Kini Kembali Ramai dan Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)