Kisah Anak Muda Banyuwangi Berdayakan Desa dengan Budidaya Domba

Kisah Anak Muda Banyuwangi Berdayakan Desa dengan Budidaya Domba

Ardian Fanani - detikJatim
Kamis, 29 Sep 2022 10:29 WIB
Kisah Milenial Banyuwangi Berdayakan Desa dengan Budidaya Domba
Warga Banyuwangi ternak domba (Foto: Ardian Fanani/detikJatim)
Banyuwangi -

Suasana lereng pegunungan dengan areal hutan dan perkebunan yang sangat luas di Desa Kebunrejo, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, laksana surga bagi para peternak domba. Pakan yang berupa dedaunan hijau sangat melimpah. Sehingga mereka tak kesulitan untuk merawat binatang peliharaannya.

Salah satu peternak domba di Desa Kebunrejo adalah kelompok tani Maju Bersama yang dipimpin Wagino. Bersama dengan 30-an anak muda dari desa setempat, mengembangkan peternakan domba aneka jenis. Mulai dari jenis Marino hingga Sopas.

"Sudah setahun terakhir ini, anak-anak muda di sini, kita berdayakan untuk menjadi peternak domba," ungkap Wagino saat dikunjungi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Kamis (29/9/2022).

Domba yang dirawat di Banyuwangi, imbuh Wagino, telah dikenal cukup luas di Indonesia. Karena dinilai memiliki kualitas yang cukup baik. Pangsa pasarnya pun tidak hanya berkutat di daerah sekitar, tapi sampai ke Jawa Tengah dan Jawa Barat.

"Alhamdulillah, permintaannya tinggi. Tidak hanya dari Banyuwangi, tapi juga dari berbagai kota lain," aku Wagino.

Peternakan yang berada di Dusun Terongan, RT 02/ RW 04 itu, tak sekadar menjadi tempat bekerja bagi anak-anak muda itu. Namun, juga sekaligus sebagai tempat mereka belajar. Mulai dari teknik budidaya sampai pemasaran.



Simak Video "Pilu Korban Banjir di Banyuwangi, Rumah Rata Disapu Air Bah"
[Gambas:Video 20detik]