Bila Kondom Nyangkut Saat Bercinta, Begini Cara Mengeluarkannya dari Miss V

Kabar Reproduksi

Bila Kondom Nyangkut Saat Bercinta, Begini Cara Mengeluarkannya dari Miss V

Tim detikHealth - detikJatim
Rabu, 28 Sep 2022 04:03 WIB
ilustrasi kondom
Ilustrasi kondom. (Foto: iStock)
Surabaya -

Bukan kasus yang sering, tapi kasus kondom nyangkut di vagina saat berhubungan seksual tak bisa dikatakan tidak mungkin. Biasanya hal itu terjadi karena cara pakai kondom yang tidak tepat atau tidak cukup pelumas sehingga kondom bisa terlepas dari penis dan tertinggal di vagina.

Dilansir dari detikHealth, mengutip Health.com, ahli ob-gyn asal New York Alyssa Dweck mengatakan ketika penis pasangan masih ereksi saat masih di dalam vagina, kondom bisa saja terlepas, terlipat, lalu tersangkut di vagina. Kondom itu bisa tertinggal di vagina selama beberapa hari tanpa disadari.

Menurut Felice Gersh, penulis PCOS SOS: A Gynecologist's Lifeline to Naturally Restore Your Rhythms, Hormones, and Happiness vagina memiliki titik terdalam mulai dari leher rahim sehingga kondom tidak akan ke tempat yang lebih dalam.

Kondom yang tersangkut di vagina bisa menimbulkan keputihan, gatal, dan iritasi. Bagi sebagian orang yang menyadari bahwa ada sesuatu yang mengganjal di vagina dalam sehari, namun bagi sebagian yang lain perlu waktu lebih lama hingga berhari-hari.

Cara Mengeluarkan Kondom yang Nyangkut

Kondom yang tersangkut bisa dikeluarkan dengan jari yang bersih. Alyssa Dweck mengatakan, saat mengeluarkannya sendiri dengan jari, pastikan tubuh dalam keadaan rileks.

Otot-otot yang tegang dan mengepal akan membuat upaya mengeluarkan sesuatu dari vagina menjadi sulit. Ia menyarankan untuk mengeluarkan kondom itu sambil duduk di bak mandi air hangat atau duduk di atas toilet.

Gunakan pelumas pada jari lalu gerakkan jari seperti kail untuk menggapai kondom. Lakukan gerakan dengan lembut,terutama jika memiliki kuku yang panjang. Atau bisa juga dengan menggunakan sarung tangan yang bersih.

Bila upaya ini tetap belum bisa mengeluarkan kondom dari Miss V, Alyssa pun menyarankan agar segera menghubungi ginekolog.

Cara Mencegah Supaya Kondom Tidak Nyangkut Saat Bercinta

Alyssa Dweck juga membeberkan cara mengantisipasi kondom tidak sampai tersangkut di dalam vagina. Hal ini seharusnya dilakukan oleh sang pria ketika ereksi pada penisnya mulai menurun.

"Dia harus berpegang pada pangkal kondom saat ereksi mulai turun dan saat menarik (kondom) keluar," katanya dilansir dari detikHealth.

Tidak hanya itu, pria juga bisa segera memberitahu pasangannya lebih awal saat merasa kondomnya hilang. Dengan demikian kondom itu tidak sampai tersangkut berhari-hari di dalam vagina pasangannya.

Selain antisipasi itu, Alyssa juga menyarankan sebelum menggunakan kondom perlu kiranya memakai pelumas. Pelumas itu bisa membantu mengurangi risiko kondom tersangkut, sekaligus mencegah robekan yang membuat seks tidak nyaman.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)