Hari Jantung Sedunia 2022, Ini Tema yang Harus Jadi Renungan

Hari Jantung Sedunia 2022, Ini Tema yang Harus Jadi Renungan

Tim detikJatim - detikJatim
Selasa, 27 Sep 2022 23:58 WIB
kesehatan jantung
Ilustrasi Hari Jantung Sedunia/Foto: thinkstock
Surabaya -

Jantung merupakan salah satu organ vital manusia yang harus dijaga kesehatannya. Sebab, jantung memiliki peran penting bagi tubuh.

Setiap tahun, seluruh dunia juga memperingati Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day (WHD). Tepatnya pada tanggal 29 September. WHD diperingati dengan promosi pentingnya cek kardiovaskular secara berkala untuk kesehatan jantung.

Hari Jantung Sedunia juga momentum bagi semua orang untuk mempertimbangkan cara terbaik menggunakan jantung. Baik untuk kemanusiaan, alam, dan untuk diri sendiri.

Sebab, penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Seperti jantung koroner, serebrovaskular, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan penyakit vaskular perifer.

Tema Hari Jantung Sedunia 2022

Melansir dari situs World Heart Federation, tema WHD tahun ini adalah Use Heart for Every Heart. Berikut penjelasannya.

Use Heart atau Gunakan Jantung berarti berpikir untuk menggunakan jantung dengan sebaik-baiknya. Meliputi membuat keputusan yang tepat, bertindak dengan berani, membantu orang lain, dan terlibat dalam tujuan penting pencegahan penyakit kardiovaskular.

Sebab, jantung adalah satu-satunya organ yang dapat Anda dengar dan rasakan. Organ ini merupakan tanda kehidupan yang pertama dan terakhir. Jantung juga salah satu hal yang berpotensi menyatukan kita semua sebagai manusia.

Sedangkan For Every Heart melibatkan penggunaan kata For atau 'untuk'. Maksudnya, tindakan menjaga jantung sendiri agar bisa bermanfaat bagi orang sekitar.

Kampanye ini bertujuan agar pesan Hari Jantung Sedunia menjangkau sebanyak mungkin individu untuk membantu mencapai kesehatan kardiovaskular bagi individu lainnya.

Sekilas Penyakit Kardiovaskuler

Situs Kemenkes RI menjelaskan bahwa penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya.

Di Indonesia, penyakit ini masih menjadi penyebab kematian tertinggi. Karenanya, seluruh masyarakat perlu mengambil peran dalam mencegah tingginya angka kesakitan dan kematian.

Kabar baiknya, penyakit jantung sangat mungkin untuk bisa dicegah. Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Jangan merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang perlu Anda tinggalkan. Merokok memberikan tubuh Anda stres oksidatif yang dapat meningkatkan perkembangan plak lemak di dalam pembuluh jantung koroner Anda.

2. Pola makan yang sehat

Prinsip dasar pola makan sehat untuk jantung Anda adalah makanan yang memiliki gizi seimbang. Selain itu, makanan yang dimakan harus rendah garam dan lemak saturasi seperti banyak dijumpai pada junk food dan gorengan.

3. Jaga berat badan ideal Anda

Berat badan berlebih biasanya lekat kaitannya dengan penyakit jantung, diabetes, dan kadar kolesterol yang buruk. Karenanya, jaga berat badan ideal Anda.

4. Tetap aktif!

Mulailah berolahraga dari sekarang! Sebab, olahraga dapat menjaga berat badan Anda tetap ideal, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Pilihlah olahraga yang Anda suka, bisa dimulai dari bermain bulutangkis, berjalan cepat di sekitar rumah, dan sebagainya.

5. Batasi alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi yang pada akhirnya menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit hati.

6. Hindari stress

Stres berhubungan dengan sistem imun dan terjadinya penyakit. Jika Anda sedang berada di bawah tekanan dan stres, carilah pertolongan, bicaralah dengan orang terdekat atau lakukan kegiatan yang Anda suka untuk menurunkan tingkat stres Anda!

7. Kontrol ke dokter

Banyak orang yang takut untuk kontrol ke dokter. Padahal degan melakukan konsultasi dan pemeriksaan, Anda dapat mencegah berbagai penyakit sedini mungkin. Jadi janganlah menunda datang ke dokter sampai penyakit serius sudah menyerang Anda.

Nah, itu tadi penjelasan Hari Jantung Sedunia. Jaga Kesehatan jantung ya, rek!



Simak Video "Konser Westlife di Surabaya Obati Rindu Fan"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/sun)