Ribuan ASN Pemkab Mojokerto Dilatih Beri Layanan Prima ke Masyarakat

Ribuan ASN Pemkab Mojokerto Dilatih Beri Layanan Prima ke Masyarakat

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Selasa, 27 Sep 2022 20:24 WIB
Ribuan ASN Pemkab Mojokerto Dilatih untuk Beri Layanan Prima ke Masyarakat
Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto
Mojokerto -

Sedikitnya 2.829 aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Mojokerto mengikuti pelatihan excellent service tahap 2 selama 3 hari. Pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas para ASN agar mampu memberi pelayanan prima kepada masyarakat.

Pelatihan excellent service tahap 2 secara daring ini dilaunching Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di ruangan Command Center Pemkab Mojokerto. Pelatihan ini diinisiasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mojokerto.

Launching pelatihan excellent service tahap 2 dihadiri Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Mojokerto Bambang Eko Wahyudi dan beberapa narasumber yaitu Gideon Surya, Bobby Meidrie dan Lysta Lestari. Adapun 2.829 ASN peserta pelatihan terdiri dari unsur pejabat pengawas, pejabat fungsional dan pelaksana.

Ikfina mengatakan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan dari pemerintah semakin berkembang seiring pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Dalam kondisi saat ini, para ASN sudah harus menyesuaikan diri dengan era society 5.0. Sehingga sudah saatnya para pegawai pemerintah dituntut mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Kita sudah menjadi bagian dari aparatur sipil negara memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjadi pihak yang selalu dimonitor dan dievaluasi oleh para penerima pelayanan. Baik dari semua sisi, di semua lini, dan di semua bidang," kata Ikfina, Selasa (27/9/2022).

Memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, lanjut Ikfina, harus dilakukan semua ASN dengan hati yang tulus. Bukan saja karena prosedur yang sudah ditetapkan, serta adanya pengawasan dan sanksi. Dengan demikian, pelayanan prima yang tulus akan membuat masyarakat senang. Di sisi lain, para ASN juga meraih kepuasan tersendiri.

"Memberi pelayanan prima adalah bagaimana para ASN memberikan kemanfaatan, memberikan sesuatu kepada orang lain. Tidak hanya kinerja yang bisa diukur oleh kita semuanya, tetapi juga suatu kepuasan karena membuat orang lain terbantu," terangnya.

Bupati perempuan pertama di Mojokerto ini menjelaskan pelatihan excellent service merupakan upaya Pemkab Mojokerto meningkatkan kapasitas para ASN. Setiap ASN wajib mengikuti pelatihan setidaknya selama 20 jam pelajaran dalam satu tahun. Ia meminta semua peserta pelatihan berkomitmen mengikuti pelatihan dengan maksimal. Sehingga mereka benar-benar mampu memberi layanan prima kepada masyarakat.

"Saya minta tolong bahwa Kabupaten Mojokerto akan selalu berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan selalu bekerja," jelas Ikfina.

Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Mojokerto Bambang Eko Wahyudi menambahkan pelatihan excellent service digelar selama 3 hari, yakni 27-29 September 2022. Ia berharap semua ASN mampu memberi pelayanan prima kepada masyarakat.

"Mengenali karakter dan kebutuhan masyarakat, membina hubungan baik dengan masyarakat, dan meningkatkan skill di dalam memberikan pelayanan, peningkatan kinerja, dan citra institusi di mata masyarakat," tandasnya.



Simak Video "Polisi Belum Temukan Kaitan Tewasnya ASN Iwan Boedi dengan Kasus Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)