Banyak Pendaftar Ingin Adopsi Bayi yang Ditemukan di Bawah Pohon Kelor

Banyak Pendaftar Ingin Adopsi Bayi yang Ditemukan di Bawah Pohon Kelor

Ainur Rofiq - detikJatim
Selasa, 27 Sep 2022 17:41 WIB
Temuan bayi perempuan di Bojonegoro
Penemuan bayi perempuan di Bojonegoro (Foto: Ainur Rofiq/detikJatim)
Bojonegoro -

Nasib malang menimpa seorang bayi perempuan di Bojonegoro. Ia dibuang di pekarangan rumah warga Desa Sumberarum, Kecamatan Dander. Saat ini sang bayi telah dibawa ke puskesmas untuk mendapat penanganan awal. Bayi ini juga akan mendapatkan jaminan kesehatan.

Jaminan kesehatan ini diungkapkan Kasi Perlindungan Hak Perempuan dan Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Bojonegoro, Amiroh Faria. Ia menyebut, pihaknya akan memberikan jaminan kesehatan dan hidup pada bayi yang belum diketahui orang tuanya tersebut.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan polisi hingga nanti ada keputusan apakah bayi akan diadopsi atau diserahkan ke panti asuhan.

"Saat ini fokus kami pendampingan dan jaminan kesehatan si bayi, kalau yang mau mengadopsi anak sudah banyak yang daftar. Tapi itu nanti dulu, kita perlu koordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk dari kepolisian," ujar Amiroh, Selasa (27/9/2022).

Sementara itu, Kapolsek Dander AKP Jadmiko menambahkan, hingga kini pembuang bayi tersebut memang belum terungkap. Namun, pihaknya telah mengumpulkan beberapa nama terduga pelaku. Selain itu, polisi juga telah meminta keterangan sejumlah saksi.

"Tadi ada informasi sedang kita tindak lanjuti. Sementara masih dalam penyelidikan anggota di lapangan ya," jelas Jadmiko.

Sebelumnya, bayi yang terbungkus selimut warna merah muda itu diketahui pertama kali oleh Hartono, warga Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro pada Senin (26/9) malam.

Hartono menuturkan, suara bayi itu pertama kali terdengar oleh istrinya. Awalnya, ia mengaku ragu dan mengiranya suara hal lain. Saat dicek, betapa kagetnya Hartono melihat bayi dibuang di bawah pohon kelor.

"Awalnya saya diberitahu istri, kalau ada suara bayi. Saya tidak percaya, saya pikir hantu atau apa. Tapi ketika anak saya pulang kerja dan mendengar yang sama, saya baru keluar rumah untuk mengecek. Dan ternyata benar ada bayi yang diletakkan di bawah pohon kelor," kata Hartono.



Simak Video "Geger! Penemuan Bayi Laki-laki di Dekat Sungai di Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)