Kata Kak Seto Usai Gagal Temui Napi Rutan Perempuan di Porong yang Melahirkan

Kata Kak Seto Usai Gagal Temui Napi Rutan Perempuan di Porong yang Melahirkan

Tim DetikJatim - detikJatim
Minggu, 25 Sep 2022 17:28 WIB
Kak Seto dan rombongan di Rutan Surabaya
Foto: Kak Seto gagal menemui napi perempuan dan bayinya di Rutan Surabaya (Dok. Kemenkumham Jatim)
Sidoarjo -

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi mendatangi Rutan Surabaya untuk membesuk AV dan bayinya. Namun upaya Kak Seto itu gagal.

Meski demikian, Kak Seto memaklumi dan memberikan apresiasi atas ketegasan petugas menjalankan aturan yang ada. Dia menyadari bahwa waktu kedatangannya memang di waktu yang kurang tepat.

"Kami apresiasi terhadap aturan yang ditegakkan, sangat bagus sekali, bahwa memang kunjungan kami tidak tepat waktu," kata Kak Seto, Minggu (25/9/2022).

Sebelum kembali, Kak Seto kemudian menanyakan kondisi AV dan bayinya. Dia berharap pihak rutan memperhatikan kondisi AV dan tumbuh kembang sang anak. Termasuk harapan agar AV bisa mendapatkan status tahanan rumah sehingga bisa lebih mudah mengasuh anaknya.

"Hari Senin rencananya LPAI akan mewakili kami untuk kembali berkunjung dan memastikan keadaan Ibu AV dan bayinya dalam keadaan sehat," terang Kak Seto.

Kak Seto diketahui datang ke Rutan pada Sabtu (24/9) sekitar pukul 17.30 WIB. Sedangkan pada pukul 17.00 WIB kamar napi telah dikunci sesuai SOP.

Sebelumnya, AV telah melahirkan bayi jenis kelamin laki-laki dengan berat 3 kilogram. Ia merupakan napi kasus penipuan jual beli 700 karton minyak goreng dan divonis 12 bulan. AV menghuni Rutan Perempuan Surabaya di Porong sejak 27 Juli 2022.

AV masuk Puskesmas Porong pada Selasa (20/9) sekitar pukul 10.00 WIB. Kemudian menjalani proses kelahiran secara normal di Puskesmas, lahir seorang bayi laki-laki dengan berat badan 3 kilogram. Saat proses kelahiran ditunggu oleh suami.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Perempuan Surabaya di Porong Siti Viona Aidilla mengatakan napi yang usai menjalankan proses persalinan di Puskesmas Porong segera kembali ke rutan menjalani sisa masa tahanan.

"Yang bersangkutan usai menjalani proses persalinan di Puskesmas Porong. Selanjutnya AV kembali menjalani sisa masa tahanan," kata Viona di Rutan Perempuan di Porong, Kamis (22/9/2022).



Simak Video "Kak Seto Selalu Berponi, Apa Alasannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)