Cara dan Syarat Donor Darah Serta Manfaatnya

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Sabtu, 17 Sep 2022 08:03 WIB
donor darah di PMI Surabaya
Donor darah/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Sebagian dari Anda mungkin ingin donor darah demi kemanusiaan. Namun, bagaimana cara donor darah?.

Sebelum mengetahui cara donor darah, baiknya Anda memahami tentang donor darah dan manfaatnya terlebih dahulu. Berikut penjelasannya.

Melansir dari situs Dinkes Kabupaten Kulon Progo, donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela dan disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah.

Donor darah bisa dilakukan rutin di Unit Donor Darah (UDD) PMI Pusat maupun Unit Donor Darah di daerah. Namun, Anda juga bisa donor darah tiap ada agenda penggalangan donor darah yang diadakan di tempat-tempat keramaian. Seperti di pusat perbelanjaan, perusahaan, tempat ibadah, serta sekolah dan kampus secara sukarela.

Manfaat Donor Darah

Dilansir dari situs Promkes Kemenkes RI, donor darah adalah aktivitas yang banyak memberikan manfaat. Tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada seluruh orang yang membutuhkan.

Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah. Donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor.

Berikut ini adalah beberapa manfaat rutin donor darah bagi kesehatan yang harus kamu ketahui, yakni:

1. Bisa Mendeteksi Penyakit Serius

Sebelum donor darah, kita wajib memeriksakan kondisi darah yang sekaligus mampu mendeteksi adanya penyakit serius. Seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Untuk itu, dengan melakukan pemeriksaan darah rutin, maka berbagai penyakit tersebut dapat dideteksi sedini mungkin.

2. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Pengentalan darah ini menjadi salah satu faktor penyebab dari penyakit jantung.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kabar baik bagi Anda yang sedang diet. Donor darah secara rutin ternyata bisa menurunkan berat badan. Sebabnya, rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 ml darahnya.

Nah, setelah memahami manfaat donor darah, maka diharapkan Anda bisa lebih percaya diri untuk melakukan aktivitas kemanusiaan ini. Sehingga, pasokan darah dapat terus terpenuhi dan tubuh menjadi sehat.

Baca cara donor darah di halaman selanjutnya