Kisah Pilu Jenazah Lamongan yang Makamnya Dibongkar-Tali Pocong Dicuri

Kisah Pilu Jenazah Lamongan yang Makamnya Dibongkar-Tali Pocong Dicuri

Eko Sudjarwo - detikJatim
Selasa, 06 Sep 2022 22:31 WIB
Makam yang dibongkar dan tali pocong jenazah hilang di Lamongan
Makam yang dibongkar di Lamongan. (Foto: Istimewa/dok Kepolisian Lamongan)
Lamongan -

Sebuah makam di Lamongan dibongkar orang tak bertanggung jawab. Aksi bongkar makam itu diduga bertujuan untuk mencuri tali pocong. Video makam yang sudah dalam keadaan terbongkar itu viral di media sosial.

Berdasarkan penelusuran detikJatim, lokasi video makam yang dibongkar itu di Dusun Plarisan, Desa Jelakcatur, Kecamatan Kalitengah.

Kepala Dusun Plarisan Ja'far membenarkan makam yang dibongkar itu ada di dusunnya. Ia sebutkan bahwa jenazah warga yang makamnya dibongkar dan tali pocongnya hilang itu diketahui bernama Rahwan.

Ja'far menyebutkan, Rahwan baru saja meninggal pada Jumat lalu (2/9/2022). Jenazahnya kemudian dimakamkan di pemakaman desa RT 02, RW 01 Dusun tersebut.

"Pak Rahwan sebenarnya baru dimakamkan 5 hari lalu, tepatnya hari Jumat," ujar Jakfar.

Lebih jauh Ja'far menuturkan bahwa Almarhum Rahwan sebenarnya warga asal Demak, Jawa Tengah. Ia menikah dengan warga Dusun Plarisan hingga memiliki 3 orang anak.

Sebelum meninggal, Rahwan beserta anak dan istrinya tinggal mengontrak di Sidoarjo. Mereka tinggal di sana karena Rahwan memang bekerja di Sidoarjo.

Hingga akhirnya Rahwan meninggal, istri dan ketiga anaknya otomatis kehilangan kepala rumah tangga sekaligus mata pencaharian. Mereka pun terpaksa kembali ke Lamongan.

Karena selama ini Rahwan belum mampu membeli rumah, baik di Sidoarjo maupun di Desa Plarisan, istri dan ketiga anaknya pun terpaksa tinggal menumpang di rumah saudaranya.

"Sementara ini ikut saudaranya di desa ini karena sehari-hari bertempat tinggal di Sidoarjo," tambah Jakfar.

Makam dibiarkan terbongkar setelah berhasil mengambil 2 tali pocong. Baca di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT