Keseruan Lomba Tangkap Lele di Lamongan, Salah Tangkap hingga Terjungkal

Keseruan Lomba Tangkap Lele di Lamongan, Salah Tangkap hingga Terjungkal

Eko Sudjarwo - detikJatim
Selasa, 30 Agu 2022 15:35 WIB
Keseruan lomba tangkap lele di Lamongan
Keseruan lomba tangkap lele di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Keseruan HUT ke-77 RI masih terasa di Lamongan. Salah satunya lomba menangkap lele di Desa Sumbersari, Kecamatan Sambeng. Saking serunya sampai beberapa peserta berulang-ulang keliru menangkap kaki peserta lain.

"Awas salah tangkap, awas salah tangkap," teriak warga hampir bersamaan sembari tertawa

Ada ratusan warga yang mengikuti lomba tersebut. Mereka berlomba-lomba menangkap ikan lele yang masih hidup di saluran air di desa setempat. Yang makin bikin seru, mereka tidak menangkap dengan pancing atau jaring, tapi dengan tangan kosong.

"Lomba menangkap lele ini adalah rangkaian dari peringatan HUT ke-77 RI di desa kami," kata Sekdes Sumbersari Tomi Distianto kepada detikJatim, Selasa (30/8/2022).

Keseruan terjadi saat warga yang menjadi peserta lomba mulai turun ke saluran air yang sudah disulap menjadi kolam lele itu. Sambil basah-basahan, mereka berlomba menangkap ikan yang berkulit licin itu tanpa ampun sambil sesekali diselingi tawa.

Lomba semakin seru karena ada kalanya peserta lomba ini salah tangkap. Bukannya menangkap lele, para peserta terdiri dari anak-anak hingga dewasa ini malah menangkap kaki peserta lain yang dikira lele. Hal ini menjadi momen yang mengundang gelak tawa penonton.

"Lomba ini sumber dananya dari masyarakat, karang taruna dengan sponsor Koperasi Tani Ternak Literasi yang adalah koperasi desa kami," ujarnya.

Tomi mengungkapkan, untuk mengikuti lomba ini pun syaratnya cukup sederhana, yaitu untuk menangkap ikan lele tersebut harus dengan tangan kosong alias tidak diperbolehkan membawa alat tangkap jenis apapun. Licinnya ikan lele menjadi tantangan tersendiri selama lomba berlangsung.



Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]