Saat Gergaji Petugas Potong Cincin di Kemaluan Pria Sidoarjo

Saat Gergaji Petugas Potong Cincin di Kemaluan Pria Sidoarjo

Tim detikJatim - detikJatim
Selasa, 23 Agu 2022 11:47 WIB
yellow banana and the hand in the white background
Foto: iStock
Surabaya -

Tim Rescue BPBD Sidoarjo membantu seorang pria berusia 27 tahun yang memasukkan cincin ke kemaluannya. Tim yang terjun dibekali dengan sejumlah peralatan untuk melepasnya. Peralatan ini tentu saja berbeda dengan yang dipakai untuk membantu memadamkan api atau banjir.

Kabid Pemadam Kebakaran Sidoarjo Nawari membeberkan proses pelepasan cincin tersebut oleh tim yang dia terjunkan. Dengan alat gergaji khusus, kata Nawari, timnya berhasil melepas cincin itu.

"Proses pelepasan sebetulnya kami menggunakan alat yang sudah kami miliki dalam rangka mengamankan lingkungan kulit. Alatnya seperti gergaji kecil begitu," ujar Nawari kepada detikJatim, Senin (22/8/2022).

Proses pelepasan itu, menurut Nawari, dilakukan oleh timnya dengan penuh kehati-hatian. Sebab, menurut dia, alat kelamin seseorang pria sensitif dengan benda atau logam yang tajam.

"Harus kami pelajari dulu tingkat risikonya. Kami selalu gunakan konsep A3, yakni aman terhadap pasien, aman terhadap lingkungan, dan aman terhadap diri kita selaku tim rescue," ujarnya.

Nawari menegaskan, tidak hanya pada saat proses pelepasan cincin di kelamin seorang pria saja, dalam kasus lain petugas juga terhindar dari risiko yang membahayakan.

"Jadi itu sedikit mbreset (meleset) saja, risiko tinggi buat pasien maupun buat petugas kami. Makanya perlu kehati-hatian," katanya.

Ia juga menjelaskan dalam proses pemotongan cincin itu petugas melapisinya dengan lapisan logam tipis agar kulit kemaluan pria tersebut tidak sampai tergores.

"Itu sudah diamankan melalui teknis biasa lah. Alatnya itu setipis mungkin yang sekiranya tidak akan berdampak pada kulit lainnya. Ada lapisan logam untuk melindungi proses itu dari risiko terkena kulit," ujarnya.



Simak Video "Momen Dramatis Damkar Parepare Potong Cincin di Jari Perempuan"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)