Atap SDN di Ponorogo yang Roboh-Diganti Terpal Belum Bisa Dibangun Tahun Ini

Atap SDN di Ponorogo yang Roboh-Diganti Terpal Belum Bisa Dibangun Tahun Ini

Charolin Pebrianti - detikJatim
Senin, 22 Agu 2022 13:05 WIB
SDN Nongkodono beratap terpal di Ponorogo
Foto: SDN Nongkodono beratap terpal di Ponorogo (Charolin Pebrianti/detikJatim)
Ponorogo -

Dinas Pendidikan Ponorogo mengaku sudah mengetahui dan menerima laporan soal atap SDN Nongkodono yang roboh. Namun perbaikan belum bisa dilaksanakan pada tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo Nurhadi Hanuri mengatakan pihaknya sudah menurunkan tim ke Nongkodono termasuk Kabid Pembinaan SD. Tujuannya, untuk melihat kondisi sekolah secara langsung.

"Atap sudah diturunkan, dipakaikan terpal. Sebenarnya Nongkodono sudah mengajukan rehab, tapi masih proses," tutur Nurhadi kepada wartawan, Senin (22/8/2022).

Nurhadi menambahkan saat ini untuk akses ke Dana Alokasi Khusus (DAK) yang menentukan Direktorat. Sedangkan dana Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) sudah berjalan sehingga untuk perbaikan SDN Nongkodono belum bisa dilakukan di tahun 2022.

"Nongkodono sudah mengajukan rehab, kita mengusahakan ke DAK dan PAK, tapi belum keluar hasilnya. Kan selain Nongkodono ada juga bangunan lain yang direhab tahun 2022 ini, contohnya SDN 4 Krebet," papar Nurhadi.

Pihaknya berencana, barang yang bisa dimanfaatkan dari SDN 4 Krebet bisa dipakai di SDN Nongkodono. Nurhadi pun bakal menyeleksi barang tersebut terutama kayu-kayu ke pihak aset.

"Jadi barang-barang di Krebet dialokasikan disana, kita mintakan ke aset untuk dihibahkan atau dipakai di Nongkodono," tandas Nurhadi.

Sebelumnya, Kondisi SDN Nongkodono, Desa Nongkodono, Kecamatan Kauman memprihatinkan. Pasalnya, atap kelas 4 dan 5 roboh akibat lapuk.

Untuk menutup atap, pihak Pemdes dan Komite pun sepakat memakai terpal. Namun kondisi ini justru membuat tidak nyaman siswa dan guru saat belajar, sebab ruangan menjadi sangat panas saat siang hari.

"Inginnya segera diperbaiki, supaya bisa belajar dengan aman. Karena takut juga kalau roboh kan serem, buat belajar tiba-tiba roboh," tutur salah satu siswa, Hasna Rizki Hermawati kepada wartawan, Senin (22/8/2022).



Simak Video "Penampakan Robohnya Gedung Sekolah di Palembang"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/abq)