Kabar Kesehatan

Hindari 6 Makanan Ini yang Justru Bikin Loyo saat Bercinta

Tim detikHealth - detikJatim
Sabtu, 20 Agu 2022 04:03 WIB
Close up of female feet in under the sheets.
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/santypan)
Surabaya -

Setiap pasangan mendambakan hubungan seksual yang sangat bergairah dengan mood yang bagus. Tetapi kadang-kadang mood bisa turun tiba-tiba padahal pasangan sudah tampil menawan.

Apa yang sebenarnya sedang terjadi? Gairah seks menurun ternyata bisa juga disebabkan sejumlah makanan. Termasuk di antaranya makanan diet dan juga cokelat.

Dilansir detikHealth mengutip Cosmopolitan, ahli gizi in-house aplikasi kesehatan dan kebugaran lifesum Frida Harju memaparkan ada sejumlah makanan yang bisa menurunkan gairah libido.

Berikut sederet makanan yang dapat menurunkan kualitas libido.

1. Daging merah

"Beberapa daging merah mengandung hormon atau antibiotik tambahan yang akan membuat kadar hormon alami pria tidak seimbang jika mengonsumsi daging merah terlalu banyak," kata Frida dikutip pada Jumat (19/8/2022).

Selain itu, jika ingin mengonsumsi daging merah untuk diet yang seimbang dan tidak merusak libido, penting untuk memilih daging merah seperti contoh filet mignon klasik.

2. Keju

"Bagi pria dan wanita, keju dapat membuat hormon kita tidak karuan. Karena keju mempengaruhi hormon testosteron dan estrogen yang akan menurunkan gairah libido," ucap Frida.

Ia pun menyarankan agar setiap pasangan yang hendak bercinta mengonsumsi keju harus secukupnya. Ia menambahkan, tidak baik juga bila mengonsumsi sesuatu secara berlebihan.

3. Daun Mint

Menthol yang terkandung di dalam mint cenderung bisa menurunkan hormon testosteron yang dapat menurunkan gairah seks. Selain itu, daun mint biasanya juga terdapat pada minuman mojito.

4. Tumbuhan Akar Manis (Liquorice)

"Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan di dalam permen, teh herbal, dan minuman lainnya," kata Frida.

Meskipun rasanya lezat, liquorice mengandung fitoestrogen yang dapat memengaruhi kadar testosteron dalam tubuh.

Pria dan wanita memiliki hormon testosteron. Menurunnya kadar hormon ini dapat melemahkan hasrat seksual.

5. Cokelat

Siapa yang tidak suka cokelat? Hampir semua orang menyukai cokelat.

"Meskipun rasanya enak, cokelat memiliki methylxantine yang dapat membuat kita merasa lesu dan mengantuk, dan secara alami menurunkan gairah seks," jelas Frida.

6. Makanan berminyak

Makanan berminyak tidak hanya memperburuk diet, tetapi juga memengaruhi dorongan seksual.

"Lemak trans yang ditemukan di sebagian besar makanan berminyak atau yang digoreng diketahui dapat menurunkan libido pria dan wanita dengan cara meningkatkan produksi sperma abnormal pada pria, dan mengganggu kehamilan pada wanita," ujar Frida.



Simak Video "Pasutri di Asahan Bersaing di Pilkades Gegara Tak Ada Lawan"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)