Bendera Merah Putih Raksasa Terbentang di DAM Pleret Peninggalan Belanda

Faiq Azmi - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 23:30 WIB
Merah putih raksasa di DAM Pleret Pasuruan
Bendera Merah Putih raksasa di DAM Pleret Pasuruan. (Foto: Dok. Istimewa)
Pasuruan -

Bendera Merah Putih raksasa terbentang di DAM Pleret, Kabupaten Pasuruan. Di sekitaran bendungan peninggalan Belanda tersebut digelar Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selaku penyelenggara upacara tersebut yakni Unit Pelaksana Teknis Pengelola Sumber Daya Air Wilayah Sungai (UPT PSDA WS) Welang Pekalen, Pasuruan.

Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Isa Anshori mengatakan, ini merupakan kali pertama dinasnya menggelar upacara di kawasan bendungan. Istimewanya, dalam upacara ini dikibarkan bendera Merah Putih raksasa berukuran 17x8 meter.

"Dalam memperingati Hari Kemerdekaan, UPT kami di Pasuruan menggelar upacara pengibaran bendera. Di mana, spesial memilih lokasi di dekat DAM Pleret, sebuah bendungan peninggalan Belanda yang sekarang juga menjadi tempat wisata," kata Isa dalam keterangan resmi yang diterima detikJatim, Rabu (17/8/2022).

Isa mengungkapkan, peserta upacara kali ini mengundang warga, tokoh agama-masyarakat, karang taruna, siswa-siswi hingga guru sekolah di Pleret.

Secara khusus, bendera Merah Putih raksasa tersebut, kata Isa, dibuat oleh seorang warga Pleret bernama Veronika.

"Pada prosesnya, Bu Veronika menjahit sendiri bendera Merah Putih raksasa, dan membutuhkan waktu lebih dari satu bulan untuk menyelesaikan bendera raksasa tersebut," ungkapnya.

Isa menambahkan, upacara berjalan khidmat dan seluruh warga di sekitar antusias melihat pengibaran bendera Merah Putih raksasa di bendungan.

"Juga sesuai instruksi Ibu Gubernur Khofifah, bahwa setiap dinas diwajibkan menggelar upacara di kantornya. Kami memilih di bendungan, sebagai komitmen juga bahwa Pemprov Jatim hadir di tengah warga," tandasnya.



Simak Video "Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Bukit Klangon Merapi"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)