Puluhan Mantan Napiter Ikut Upacara HUT ke-77 RI di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 20:57 WIB
mantan napiter ikut upacara di lamongan
Mantan Napiter ikut Upacara 17 Agustus di Lamongan. (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Ada beragam momen pada upacara peringatan HUT ke-77 RI di Lamongan hari ini, Rabu (17/8/2022). Puluhan mantan narapidana terorisme (napiter) menjadi peserta upacara yang berlangsung di Alun-alun Lamongan.

Pantauan detikJatim di lokasi, upacara HUT ke-77 RI ini dimulai pada pukul 08.30 WIB. Puluhan mantan napiter ini duduk bersanding dengan para veteran dan tamu undangan lainnya.

Salah satu napiter yang menjadi peserta upacara adalah Ustaz Ali Fauzi, Ketua Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP). Yayasan YLP menampung para mantan napiter.

"Ini merupakan bentuk rasa syukur nikmat Allah berupa kemerdekaan yang tidak diraih dengan cuma-cuma. Ada puluhan veteran dan kita tadi berdiskusi dan berbincang yang semakin menguatkan bahwa selayaknya kita ikut merayakan dan memperingati HUT RI ke 77," kata Ali Fauzi kepada wartawan usai upacara, Rabu (17/8/2022).

Menurut Ali Fauzi, sudah kelima kalinya puluhan mantan napiter ikut upacara HUT ke-77 RI di Lamongan. Tujuannya untuk merawat cinta dalam hidup berbangsa dan bernegara. Para mantan napiter ini juga dinilai sudah semakin kuat dan menikmati hidup berbaur dengan masyarakat, polisi dan pejabat lainnya.

"Ini sudah yang ke 5 kalinya mengikuti upacara. Ini artinya mereka semakin kuat dan enjoy hidup berbaur dengan masyarakat, polisi, TNI dan pejabat lainnya," ujarnya.

Ali Fauzi berharap, akan semakin banyak mantan napiter yang bergabung dengan YLP ke depanmnya. Baik napiter yang sudah bebas maupun yang masih di Lapas untuk bersama-sama menguatkan dan membuat Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Ali mengatakan bahwa YLP tidak membatasi mantan napiter yang akan bergabung.

"Mudah-mudahan semakin ke sini akan semakin banyak yang bergabung dengan kami dari eks napiter maupun yang masih mendekam di Lapas. Untuk sama-sama menguatkan dan membuat Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat," imbuhnya seraya mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan moderasi beragama dan upaya preventif lainnya.

Pada saat upacara berlangsung, tampak Bupati Lamongan Yuhronur Effendi bersama wakil bupati Lamongan Abdul Rouf. Selain itu, ada juga sejumlah pejabat seperti pimpinan DPRD Lamongan, pimpinan TNI/Polri serta para veteran.



Simak Video "Melihat Eks Napi Teroris Jadi Petugas Upacara 17 Agustus"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)