Cerita Petugas Bunyikan Sirene 45 Detik saat Upacara HUT ke-77 RI di Grahadi

Rina Fuji - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 12:48 WIB
sirene detik-detik
Mobil Damkar yang membunyikan sirene di Grahadi. (Foto: Rina Fuji/detikJatim)
Surabaya -

Sejumlah agenda memeriahkan peringatan detik-detik proklamasi di Gedung Negara Grahadi, Surabaya Rabu (17/8/2022). Salah satunya membunyikan sirene sebagai tanda HUT ke-77 RI.

Sirene itu berasal dari sebuah mobil pemadam kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya. Petugas Damkar membunyikan sirene itu tepat pada pukul 10.00 WIB.

"Bunyi sirenenya tadi 45 detik," tutur petugas yang membunyikan sirene, Erfan Arif.

Mobil damkar tersebut berada di deretan mobil yang terparkir di sisi kanan Gedung Grahadi, Jalan Gubernur Suryo. Tepat di depan Monumen Gubernur Suryo.

"Nyala sirine damkar hanya sekali saat detik-detik pembacaan proklamasi. Saat penurunan bendera sudah tidak dinyalakan," tambah Erfan.

Pada momen HUT ke-77 RI di Grahadi tahun-tahun sebelumnya, ada meriam yang menandakan detik-detik proklamasi. Namun, meriam itu kini digantikan oleh sirene.

"Biasanya kan ada meriam itu dentumannya 17 dentuman. Tapi tahun ini nggak ada. Kami dapat perintah dari pusat waktu nyala ya kami nyalakan sesuai instruksi," papar Erfan.

Hal itu juga dikonfirmasi oleh Kabiro Adpim Setdaprov Jatim Ali Kuncoro. Dia mengatakan bahwa penembakan meriam yang biasanya dilakukan saat detik-detik Proklamasi di belakang Gedung Negara Grahadi ditiadakan.

"Jadi besok tidak ada penembakan meriam. Pemprov Jatim sebenarnya hendak mengajukan, namun memang sesuai salinan surat yang kami terima dari Korps Marinir TNI AL tidak bisa," kata Ali Kuncoro, saat dikonfirmasi di Gedung Negara Grahadi, Selasa (16/8/2022) malam.

Ali mengungkapkan alasan yang lebih lengkap bahwa Korps Marinir telah bersurat untuk memberitahukan bahwa pada perayaan HUT kali ini stok peluru hampa untuk Meriam Howitzer memang habis.

"Saat ini Korps Marinir tidak memiliki stok amunisi hampa Howitzer 105mm. Jadi ini seluruh Indonesia, ya, bukan hanya Jatim," ujarnya.

Sebagai gantinya Ali membeberkan bahwa besok akan dinyalakan sirene secara serentak pukul 10.00 WIB ketika detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.



Simak Video "Penjelasan soal Lyodra Teriak Papua dan Merdeka Saat Nyanyi di Istana"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)