Pria di Kota Blitar Punya 12 Koleksi Langka Foto Asli Proklamasi RI

Fima Purwanti - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 11:38 WIB
Pria Blitar punya 12 koleksi foto asli Proklamasi RI
Rully menunjukkan koleksi foto Proklamasi RI miliknya. (Foto: Fima Purwanti/detikJatim)
Blitar -

Seorang pria di Kota Blitar ternyata punya 12 foto langka saat Proklamasi Kemerdekaan RI. Koleksi foto langka itu didapatkan langsung dari Netherlands Institute for Military History (NIMH). Butuh proses panjang untuk bisa mendapatkan koleksi foto proklamasi yang langka itu.

Rully Agassy merupakan kolektor foto sejarah khusus perjuangan sejak 2016 silam. Termasuk untuk koleksi foto saat proklamasi kemerdekaan RI pada 1945 yang tidak banyak diketahui orang.

"Dapatnya sekitar Mei 2016. Awalnya ya cari-cari foto di internet. Sampai akhirnya dapat di NIMH, terus ngurus izin untuk aksesnya," terang Rully saat ditemui detikJatim di rumahnya di Kelurahan Tanjungsari Kota Blitar, Rabu(17/8/2022).

Rully mengaku, tak mudah mendapatkan file koleksi foto langka proklamasi itu. Melainkan ada proses yang cukup panjang dibaliknya. Bahkan, membutuhkan kurang lebih dua bulan untuk mengurus izin untuk bisa mengunduh dan mempublikasikan foto-foto ekslusif itu.

"Panjang sekitar prosesnya, mungkin sekitar dua bulan lebih. Saya kirim email ke NIMH. Itu situs milik Belanda kan, jadi pakai bahasa sana. Tapi saya kirim email berbahasa Inggris," jelasnya.

Lanjutnya, pengajuan izin publikasi itu sempat ditolak dan harus membayar untuk setiap fotonya. Biayanya pun sekitar Rp 2 juta untuk satu foto. Namun, hal itu tak terjadi.

"Saya bilang kepada pihak sana, kalau koleksi foto ini bukan hanya untuk saya sendiri tetapi untuk dipublikasikan di media sosial. Tujuannya supaya generasi muda Indonesia tahu sejarah lebih dalam," imbuhnya.

Usai mendapatkan akses atau izin publikasi, Kata Rully, ada ratusan ribu foto yang ada disana. Hal itu menjadi petualangan untuk menjelajah koleksi foto penjajahan Belanda. Hingga, akhirnya ketemu 12 foto saat proklamasi kemerdekaan RI.

Sempat was-was saat akan mengunggah foto koleksi langka. Baca di halaman selanjutnya.