Gapura Biasa Saja Tapi Telan Rp 71 Juta, Kajari Kota Batu: Warga Bisa Laporkan

Kota Batu - detikJatim
Rabu, 17 Agu 2022 01:01 WIB
Gapura di Kota Batu yang habiskan Rp 71 juta
Gapura di Kota Batu yang habiskan Rp 71 juta (M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Kota Batu -

Renovasi gapura yang dilakukan Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu mendapat sorotan dari warga. Pasalnya, gapura yang terletak di Jalan Kawi, Kelurahan Sisir, Kota Batu itu terlihat biasa saja meski telah direnovasi dengan anggaran sebesar Rp 71 juta.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Batu Agus Rujito mengatakan jika ada warga yang menemukan ada hal tidak wajar semacam itu dalam pekerjaan pembangunan Pemerintah bisa dilaporkan kepada Kajari Kota Batu.

Dengan begitu, Kajari Kota Batu bisa mengetahui informasi tersebut dan melakukan penelusuran untuk mengetahui kebenarannya, apakah dalam pembangunan yang menggunakan uang rakyat itu sudah sesuai aturan atau tidak.

"Ya semua warga ya bisa melaporkan. Bisa melalui saluran medsos (Media Sosial Resmi Kajari Kota Batu) juga," ujar Agus saat ditemui awak media pada Selasa (16/8/2022).

Menurut Agus, pihaknya sampai saat ini memang belum mengetahui jika ada temuan warga terkait renovasi gapura di Jalan Kawi tersebut. Pihaknya pun berencana untuk melakukan penelaan terlebih dahulu terkait informasi tersebut.

"Saya belum tahu. Karena masalah seperti bisa ditindaklanjuti atau tidak perlu kita telaah apakah sepesifikasinya seperti itu (sesuai atau tidak)," terangnya.

Sebelumnya, Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengaku belum mengetahui secara pasti apakah renovasi gapura itu sudah sesuai atau belum dengan spesifikasi yang sudah ditentukan. Sebab, saat ini perbaikan gapura itu masih dalam tahap review dari pihak konsultan pengawas dan pejabat pengadaan di dinas.

"Nanti setelah hasil review itu dilaporkan ke saya. Akan saya lihat lagi, apakah sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan atau berbeda. Jika tidak sesuai ya harus disesuaikan (pelaksana proyek). Dengan pemberitaan ini, kami kadi bisa teliti dan koreksi lanjut," kata dia.

Dipastikan Arief bahwa sampai saat ini pencairan anggaran Rp 71 juta itu belum dilalakukan karena masih dalam tahap review. Apabila hasilnya renovasi tidak sesuai perjanjian awal, maka pelaksana proyek wajib melakukan penyesuaian kembali.

"Dengan begitu kita tidak serta merta mencairkan itu (dana renovasi). Ketika hasil review sudah sesuai baru diajukan permohonan realisasi pembayaran pekerjaan tersebut," tandasnya.



Simak Video "Uji Nyali Meluncur Seru dari Ketinggian Bermain Flying Fox, Kota Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)