Sirene Gantikan Dentuman Meriam pada Detik-detik Proklamasi di Grahadi

Faiq Azmi - detikJatim
Selasa, 16 Agu 2022 23:43 WIB
Meriam Howitzer di Surabaya
Meriam Howitzer di Surabaya yang kali ini kehabisan peluru hampa. (Foto: Dok detikcom)
Surabaya -

Tidak ada penembakan meriam yang biasa dilakukan saat upacara detik-detik proklamasi dalam rangkaian Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI besok pagi pukul 09.30 WIB di Grahadi. Sebagai gantinya Pemprov Jatim akan menyalakan sirene.

Kabiro Adpim Setdaprov Jatim Ali kuncoro menyebut upacara besok tidak ada meriam yang ditembakkan. Gantinya, akan ada sejumlah mobil pemadam kebakaran yang akan menyalakan sirene serentak pukul 10.00 WIB.

"Jadi nanti di depan Grahadi mengelilingi akan ada mobil pemadam kebakaran (PMK) yang menyalakan sirene," ujarnya ketika ditemui di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Selain sirene juga akan ada imbauan bagi warga pengguna kendaraan di sekitar Grahadi untuk membunyikan klakson secara serentak.

"Kendaraan warga juga di sekitar Grahadi diharapkan juga menyalakan klakson secara serentak," katanya.

Sebelumnya Ali menjelaskan kenapa pada Upacara HUT ke-77 RI di Grahadi besok tidak ada penembakan Meriam Howitzer. Alasannya, karena sudah ada pemberitahuan dari Korps Marinir TNI AL.

"Jadi besok tidak ada penembakan meriam. Pemprov Jatim sebenarnya hendak mengajukan, namun memang sesuai salinan surat yang kami terima dari Korps Marinir TNI AL tidak bisa," ujarnya.

Ali mengungkapkan alasan yang lebih lengkap bahwa Korps Marinir telah bersurat untuk memberitahukan bahwa pada perayaan HUT kali ini stok peluru hampa untuk Meriam Howitzer memang habis.

"Saat ini Korps Marinir tidak memiliki stok amunisi hampa Howitzer 105mm. Jadi ini seluruh Indonesia, ya, bukan hanya Jatim," ujarnya.

Sebagai gantinya Ali membeberkan bahwa besok akan dinyalakan sirene secara serentak pukul 10.00 WIB ketika detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Tidak hanya mengenai meriam, Ali menyebutkan bahwa lalu lintas di Jalan Gubernur Suryo, tepatnya di depan Gedung Grahadi akan ditutup sementara selama berlangsungnya Upacara Kemerdekaan RI ke-77.

"Jalan Gubernur Suryo depan Grahadi akan ditutup untuk upacara pagi jam 8 sampai jam 11 siang. Kemudian untuk sorenya dari jam 3 sore sampai jam 6 sore," tegasnya.

Ali pun menyampaikan permohonan maaf dari Pemprov Jatim berkaitan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan yang berdampak penutupan Jalan Gubernur Suryo.

"Kami memohon maaf kepada pengguna jalan, karena jalan telah ditutup. Dimohon bisa melewati jalur alternatif yakni melalui Jalan Simpang Dukuh," tandasnya.



Simak Video "Momen Meriah Kirab Budaya 17 Agustus di Monas"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)