PCNU Blitar Protes Soal Program Sekolah Sak Ngajine

Fima Purwanti - detikJatim
Selasa, 16 Agu 2022 19:12 WIB
Pernyataan sikap NU Blitar soal Sekolah Sak Ngajine
Foto: Pernyataan sikap NU Blitar soal Sekolah Sak Ngajine (Tangkapan layar)
Blitar -

PCNU Kabupaten Blitar menyatakan sikap menolak terhadap surat edaran(SE) Bupati Blitar tentang Program Sekolah Sak Ngajine. PCNU menilai program itu belum dikomunikasikan dengan stakeholder, tokoh agama hingga organisasi masyarakat.

"Saat ini memang perkembangannya belum ada jawaban. Tapi untuk pelaksanaan ngaji di setiap TPQ dan sebagainya tetap kondusif dan normal," ujar Ketua PCNU Kabupaten Blitar KH Masdain Rifa'i Akhiyad saat dikonfirmasi detikJatim melalui telepon pada Selasa (16/8/2022).

Pria yang akrab disapa Gus Dain ini menjelaskan pernyataan sikap secara tertulis dalam hal ini menolak Surat Edaran (SE) Bupati Blitar tentang program Sekolah Sak Ngajine bukan tanpa sebab. Pihaknya pun juga tidak menolak tentang program mengaji itu. Namun, program itu hendaknya ditelaah bersama dengan seluruh stakeholder terkait.

"Kami tidak menolak program mengaji, ngaji itu kan bagus. Tapi harusnya juga diimbangi dengan komunikasi atau koordinasi dengan stakeholder lainnya. Supaya tidak ada efek sosial lainnya," terangnya.

Gus Dain menyebutkan pernyataan sikap itu dilakukan juga sebagai upaya untuk menampung aspirasi pihak - pihak terkait yang ada di lapangan. Termasuk beberapa TPQ yang melayangkan protes karena dengan adanya program tersebut peserta didik enggan ikut ngaji lagi di TPQ.

"Kemudian beberapa guru sekolah juga takut ngajar, karena menjadi guru ngaji itu amanah. Kami yakin ke depan bisa segera ada komunikasi yang jelas tentang program yang luar biasa bagus ini," pungkasnya.

PCNU Kabupaten Blitar selanjutnya menerbitkan surat pernyataan sikap yang isinya menolak SE Bupati tentang program Sekolah Sak Ngajine. Pernyataan sikap itu diterbitkan pada 12 Agustus 2022. Adanya pernyataan sikap itu juga disebutkan solusi agar SE itu bisa diterapkan secara jelas.

Sebelumnya, Bupati Blitar mengeluarkan surat edaran (SE) program Sekolah Sak Ngajine bernomor B/420/1122/409.10.3/2022. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blitar menyebut program sudah ada sejak lama. Namun, diusulkan dan dituangkan dalam SE.

Berikut empat poin yang ada dalam surat pernyataan sikap PCNU Kabupaten Blitar:

1. Menolak pemberlakuan SE BUPATI, Nomor : B/420/1122/409.10.3/2022 sebelum adanya telaah dan kajian lebih dalam dari para ahli pendidikan serta pedoman yang jelas dan lengkap dengan acuan pelaksanaannya.
2. Menolak sebelum adanya keterlibatan Stakeholder dan Tokoh Pendidikan, tokoh seluruh agama, organisasi kependidikan dan organisasi keagamaan beserta ormas-ormasnya untuk pemberlakuan SE tersebut.
3. Menolak tanpa adanya uji kelayakan atas diberlakukannya SE tersebut oleh lembaga pendidikan dengan menghitung sosial efeknya.
4. Menolak karena SE tersebut mengganggu para pendidik dan kelestarian lembaga pendidikan, TPQ, Madrasah Diniyah dan pesantren yang sudah berjalan saat ini di masyarakat.



Simak Video "Pasutri di Blitar Menganiaya Balita hingga Luka Sekujur Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)