Bumil Waspada! Sesak Napas-Kelelahan Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung

Esti Widiyana - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 19:04 WIB
Pregnant woman Falls
Ilustrasi ibu hamil yang mengalami keluhan sesak napas dan kelelahan/Foto: Getty Images/iStockphoto/Milatas
Surabaya -

Ada sejumlah keluhan yang mungkin dirasakan ibu hamil (bumil). Seperti mual-muntah, letih, hingga sesak napas. Tahukah Anda jika sesak napas saat hamil bisa menjadi salah satu gejala penyakit jantung?

Hal ini dijelaskan oleh dokter spesialis jantung dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair), dr Meity Ardiana SpJP(K). Dia mengatakan bahwa sesak napas biasanya terjadi saat bumil beristirahat atau melakukan aktivitas fisik.

"Sesak napas ini juga terjadi pada saat berbaring terlentang," kata dr Meity saat memberikan materi dalam Pelatihan Deteksi Dini Screening Penyakit Jantung pada Kehamilan secara online, Senin (15/8/2022).

Tak hanya sesak napas, bumil juga bisa menunjukkan gejala lain saat mengalami penyakit jantung. Seperti kelelahan.

"Yang membedakan dengan kehamilan normal adalah kelelahan dan sesak napas. Pada bumil yang mengalami penyakit jantung, sesak napas sifatnya progresif atau berangsur memberat," jelasnya.

Selain itu, ibu hamil yang mengalami penyakit jantung bisa menunjukkan gejala lainnya. Seperti pembengkakan pada tungkai bawah serta batuk yang berkelanjutan atau tak kunjung sembuh.

"Jika ada gejala-gejala di atas, ibu hamil bisa segera ke dokter sehingga segera mendapatkan screening yang lebih lengkap," ujarnya.

Biasanya, pasien akan menjalani serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui lebih lanjut. Mulai dari pemeriksaan fisik, foto thorax dan ecocardiografi serta beberapa pemeriksaan lain sesuai keluhan.

Jika bumil mengalami penyakit jantung, maka ada sejumlah tanda yang ditunjukkan dari pemeriksaan tersebut. Seperti adanya rhonki di paru (bunyi saat bernapas), hepatomegaly (pembesaran di organ hati dengan tanda nyeri di perut kanan atas) dan sinus takikardia (detak jantung yang cepat).

"Pasien dengan penyakit jantung pada kehamilan biasanya memiliki riwayat penyakit kardiovaskuler, aritmia hipertensi dan riwayat penyakit metabolik lain. Karenanya pasien dengan berbagai riwayat tersebut, disarankan untuk lebih berhati-hati," pungkasnya.



Simak Video "Waspadai Penyakit Jantung pada Anak!"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/sun)