Jembatan Balun Lamongan Mulai Diperbaiki hingga 2 Bulan Mendatang

Eko Sudjarwo - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 16:16 WIB
Jembatan Balun di Lamongan mulai diperbaiki
Foto: Jembatan Balun di Lamongan mulai diperbaiki (Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Perbaikan terhadap sisi selatan Jembatan Balun atau Ngaglik 1 Lamongan telah dimulai. Hari ini, alat berat dan pengelupasan aspal di sisi jembatan yang diperbaiki sudah dilakukan.

Pengawas lapangan BBPJN VIII Setyo Hari Santoso mengatakan dengan datangnya alat-alat berat ini perbaikan akan dimulai. Perbaikan sendiri direncanakan akan berlangsung selama 2 bulan.

"Perbaikan sudah dimulai dan rencananya akan berlangsung selama 2 bulan," kata Setyo kepada wartawan, Senin (15/8/2022).

Pria yang akrab disapa Yoyok itu mengungkapkan pengerjaan terhadap sisi selatan jembatan ini akan berlangsung 2 tahap dengan panjang jembatan mencapai 25,8 meter. Dua tahap tersebut yaitu blok pertama dengan lebar 4,2 meter dan sisi sebelahnya dengan lebar 2 meter yang pengerjaannya dilakukan secara bergantian.

"Pengelupasan aspal sudah dilakukan dan 2 blok jembatan sisi selatan ini akan pengerjaannya akan dilakukan secara bergantian," terangnya.

Untuk hari ini, Yoyok menyebut, perbaikan terhadap sisi selatan jembatan Balun ini membutuhkan 5 girder, yaitu untuk masing-masing blok sebanyak 3 dan 2 girder.

"Hari ini girder sudah mulai datang dan hari ini semua girder ditargetkan sudah berada di lokasi perbaikan jembatan," tambah Yoyok.

Perbaikan jembatan ini juga sempat memicu kepadatan arus lalulintas di ruas jalan nasional Lamongan, terutama untuk arus kendaraan dari arah Lamongan ke arah Surabaya.

Petugas kepolisian juga sudah berupaya membuat rambu-rambu dan bersiaga untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas. Tak hanya itu polisi juga melakukan rekayasa lalu lintas.

Sebelumnya, Jembatan Balun di Jalan Nasional Lamongan ini ambles hingga 1 meter dengan panjang amblesan 25 meter dan lebar amblesan 8,75 meter pada Selasa (29/3/2022). Peristiwa itu dipastikan karena Jembatan Balun terlalu sering dilewati kendaraan kelebihan muatan.

Seluruh kendaraan baik dari Tuban maupun dari Surabaya sempat dialihkan sementara waktu. Yakni melalui Jalur Pantura di Jalan Raya Daendels, Paciran, dan Jalur Selatan Jombang-Mojokerto. Setelah perbaikan selama 22 hari, Jembatan Balun akhirnya open traffic. Perbaikan jembatan berlangsung lebih cepat dari perkiraan. Jembatan akhirnya pada Minggu 17 April 2022 resmi dibuka untuk kendaraan umum.



Simak Video "Jembatan Balun Lamongan Diperbaiki, Ditargetkan Rampung H-10 Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)