Ratusan Siswa di Kota Blitar Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 520 Meter

Ratusan Siswa di Kota Blitar Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 520 Meter

Fima Purwanti - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 12:02 WIB
Siswa Kota Blitar Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 520 Meter
Ratusan siswa kirab bendera merah putih (Foto: Fima Purwanti/detikJatim)
Blitar -

Ratusan siswa MAN 1 Kota Blitar menggelar kirab bendera merah putih sepanjang 520 meter. Selain itu, ribuan bendera merah putih juga dibagikan kepada masyarakat yang melintas di jalan raya.

Sebanyak 380 siswa berjalan beriringan dengan membentangkan bendera merah putih. Panjang bendera merah putih mencapai 520 meter. Sedangkan, jarak yang ditempuh dalam kirab bendera raksasa itu sekitar 1,4 kilometer.

Kirab bendera dimulai dari Rumah Dinas Wali Kota Blitar di Jl Sudanco Supriyadi. Kemudian ratusan siswa yang membawa bendera berjalan hingga Alun-Alun Kota Blitar.

"Tujuannya untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme pada anak didik kita dan masyarakat. Terutama dalam memperingati hari kemerdekaan RI ke -77," ujar Kepala MAN 1 Kota Blitar, Ahmad Mukromin kepada detikJatim, Senin (15/8/2022).

Ahmad mengatakan, kirab bendera raksasa ini baru pertama dilakukan. Tak hanya untuk memperingati hari kemerdekaan, tetap juga bertepatan dengan hari ulang tahun sekolah.

"Panjang bendera 520 meter, sesuai dengan usia sekolah yang ke 52 tahun. Dan ini murni ide dari bapak ibu guru, kemudian melibatkan siswa kami dari jurusan tata busana," terangnya.

Sebelum kirab, Kata Ahmad, pihaknya bersama dengan jajaran forkopimda Kota Blitar juga membagikan bendera merah putih kepada masyarakat. Khususnya kepada pengendara yang melintas di depan rumah dinas Wali Kota Blitar.

Sementara, jumlah total bendera merah putih yang dibagikan secara gratis itu sebanyak seribu buah.

"Kami berharap anak-anak muda dan masyarakat bisa semakin menghargai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan," tandasnya.



Simak Video "Momen Jokowi Lepas Kirab Merah Putih Bareng Kapolri-Habib Luthfi"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)