Sempat Diterpa Angin Kencang, Jambore Pramuka di Bojonegoro Berlangsung Khidmat

Ainur Rofiq - detikJatim
Minggu, 14 Agu 2022 13:51 WIB
Jambore di Desa Balen, Bojonegoro yang sempat porak-poranda kembali berdiri megah
Tenda Jambore di Desa Balen, Bojonegoro sempat porak-poranda kembali berdiri megah (Foto: Ainur Rofiq/detikJatim)
Bojonegoro -

Kemah Jambore di Lapangan Desa Pilanggede, Kecamatan Balen, Bojonegoro sempat diguyur hujan deras dan diterpa angin kencang. Meski sejumlah tenda utama dan tenda peserta sempat roboh, hari ini upacara tetap dilanjutkan.

Sejumlah tenda, termasuk tenda utama yang dipersiapkan sempat porak poranda akibat diterpa angin kencang saat hujan lebat Sabtu (13/8/2022) sore. Hari ini tenda-tenda itu sudah berdiri tegak dan megah saat kegiatan jambore berlangsung.

"Alhamdulillah kemarin sempat mlebat (Diterpa angin) atasnya terop. Namun tadi sudah tidak ada kendala." Ujar Wakil Ketua Kwarcab Bojonegoro Hanafi saat dikonfirmasi detikJatim, Minggu ( 14/8/2022).

Hanafi menuturkan bahwa Sabtu sore kemarin hujan yang turun sangat deras disertai angin kencang yang sempat mampir meski cuma sebentar. Hari ini, saat kegiatan Jambore dilakukan, tidak ada kendala dalam pelaksanaannya.

Sedikitnya 1.000 lebih peserta dari perwakilan Pramuka dari sekolah SMP dan Mts Negeri di Bojonegoro ikut jambore kwarcab Bojonegoro yang berlangsung hingga 16 Agustus tersebut.

Jambore di Desa Balen, Bojonegoro yang sempat porak-poranda kembali berdiri megahJambore Desa Balen, Bojonegoro sempat porak-poranda kembali berdiri megah (Foto: Istimewa)

Pantauan detikJatim di lokasi jambore Pramuka Penggalang di Desa Balen itu, puluhan tenda-tenda panggung serta tenda VVIP terlihat sudah kembali berdiri megah.

Para peserta juga terlihat berbaris mengikuti upacara pembukaan meski ada yang masih sibuk berkemas di rumah-rumah warga setempat setelah mereka numpang bermalam.

Ya, akibat peristiwa kemarin, tenda para peserta ini porak poranda. Akibatnya, tempat yang harusnya mereka tempati untuk istirahat basah. Bahkan ada pula yang ambruk karena kehujanan dan di terpa angin.

Sementarasaat kejadian kemarin sore, BPBD Bojonegoro bersama Pemdes setempat dan para panitia juga turut membantu proses evakuasi peralatan peserta setelah peristiwa tiupan angin yang cukup merusak tersebut.

Hujan deras yang melanda wilayah kecamatan Balen itu sekitar pukul 14.30 WIB. Pada sekitar pukul 15.00 WIB, terjadi angin kencang yang hanya sebentar (kurang lebih 1 menit). Akibat terpaan angin itu tenda VIP ukuran 16 x 6 meter yang satu sisinya tertutup jadi sasaran angin hingga akhirnya roboh.



Simak Video "Meraup Jutaan Rupiah dari Budidaya Anggrek"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)