Aksi Bersih-bersih Pemkot dan TNI di Kalimas Kumpulkan 63 Ton Sampah

Esti Widiyana - detikJatim
Sabtu, 13 Agu 2022 22:15 WIB
Kerja bakti kalimas
TNI bersih-bersih Kalimas. (Foto: Dok. Istimewa)
Surabaya -

Memperingati Kemerdekaan tak selalu dengan perlombaan. Seperti yang dilakukan Pemkot Surabaya bersama TNI AL saat kerja bakti membersihkan sepanjang Sungai Kalimas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, Pemkot membantu dan bersama-sama TNI AL membersihkan Sungai Kalimas. Pihaknya pun berterima kasih kepada TNI AL yang telah memberikan perhatian khusus terhadap sungai sepanjang Wonokromo hingga Petekan.

"Tadi pagi, kami sudah ada 10 dump truck di sembilan zona dan PU juga 10 dump truck. Ada alat berat juga dari PU untuk membantu membersihkan Sungai Kalimas," kata Hebi saat dihubungi detikJatim, Sabtu (13/8/2022).

DLH pun membantu 8 patroli, dalam 1 patroli ada 8-10 petugas. Sehingga, sebanyak 80-100 petugas membantu membersihkan Sungai Kalimas.

Sementara Kepala Bidang Kebersihan dan Pemberdayaan DLH Kota Surabaya Arif Rusman mengatakan, dalam kegiatan kerja bakti kali ini ada 12 armada dump truk pengangkut sampah dan 10 personel yang dikerahkan di 8 titik berbeda. Pada tanggal 9 Agustus 2022, DLH Kota Surabaya mengerahkan 2 unit dump truk.

"Kemudian pada 10-11 Agustus 2022, mengerahkan 4 unit dump truk. Di tanggal 12 Agustus 2022, DLH Surabaya mengerahkan 2 unit dump truk. Sedangkan kerja bakti khusus di hari ini, kami mengerahkan 12 unit dump truk," sebut Arif.

Arif menjelaskan, dalam kegiatan kerja bakti bersama selama lima hari terakhir, berhasil mengumpulkan 63 ton sampah. Sampah-sampah tersebut kemudian dikirim langsung menggunakan dump truk ke TPA Benowo.

"Jadi, setiap dump truk itu menghasilkan 3 ton sampah, kemudian dibuang ke TPA Benowo," katanya.

Dalam kegiatan ini Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengapresiasi kegiatan kerja bakti yang digelar oleh Koarmada II Surabaya. Menurutnya, dengan kerja bakti bersama, sungai Kalimas akan semakin bersih dan tampak cantik sehingga bisa digunakan sebagai tempat wisata menarik.

"Pemkot Surabaya kami apresiasi telah menjadikan sungai Kalimas sebagai destinasi yang luar biasa dan bisa dijadikan contoh. Karena sungai Kalimas punya potensinya di beberapa titik yang bisa dikembangkan dan didukung bersama-sama," kata Emil.

Senada dengan Wagub Jatim Emil, Pangkoarmada II Surabaya, II Laksda TNI Dr Hutabarat menjelaskan, kerja bakti bersama di sungai Kalimas kali ini untuk menjaga, memperindah ,dan meningkatkan daya tarik wisata susur sungai sepanjang Kalimas. Ia berharap, kegiatan ini bukan hanya digelar sekali, akan tetapi bisa digelar secara berkelanjutan.

"Kami mengerahkan 5000 personel, 5 unit perahu karet per hari dan hari ini kami sediakan 30 unit perahu karet untuk sarana membersihkan sungai," ucapnya.



Simak Video "Menikmati Suasana Romantis di Wisata Air Kalimas Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)