Gelar 'Gus' di Nama Gus Samsudin Ternyata Bukan karena Dia Anak Kiai

Tim detikJatim - detikJatim
Sabtu, 13 Agu 2022 18:11 WIB
Gus Samsudin di polda jatim
Gus Samsudin mengungkap bahwa gelar 'gus' di namanya bukan karena faktor anak kiai (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)
Surabaya -

Gelar gus yang tersemat pada Gus Samsudin ternyata bukan karena dirinya anak kiai. Gus Samsudin pun blak-blakan soal julukan gus yang melekat pada dirinya.

Gus Samsudin mengaku dirinya bukan merupakan keturunan kiai. Namun, sebutan gus yang melekat pada dirinya merupakan sebutan dari orang Jawa. Menurutnya, dalam bahasa Jawa, gus merupakan anak laki-laki atau cah bagus alias anak baik.

"Nama gus sendiri kalau di dalam orang Jawa, gus itu anak laki-laki, cah bagus," kata Gus Samsudin, Sabtu (13/8/2022).

Untuk itu, ia pun tak memaksa orang-orang memanggil namanya dengan sebutan gus. Menurutnya, masyarakat bebas memanggil namanya dengan sebutan lain atau hanya memanggil namanya saja.

"Kalau memanggil saya ya silakan mau dipanggil apapun. Itu orang yang memanggil saya, bukan saya," jelasnya.

Diketahui, panggilan Gus dan Ning sangat populer di kalangan pesantren. Panggilan Gus dan Ning merupakan sebutan bagi anak keturunan kiai. Sebutan Gus untuk putra kiai dan Ning julukan putri sang kiai.

Melansir dari laman nu.or.id, seorang Gus dapat diangkat menjadi kiai. Itu sebabnya, Gus juga disebut sebagai kiai muda. Pada tingkatan itu, seorang Gus bisa menerimanya, namun bisa juga tidak. Jika lebih suka dipanggil Gus, dia bisa tetap bergelar gus daripada kiai meski kedudukannya sudah naik menjadi kepala pesantren warisan ayahnya.

GP Ansor sempat singgung panggilan gus pada Gus Samsudin, di halaman selanjutnya!