Ponorogo

Pawai 312 Reog Obyok di Jalanan Ponorogo Pecahkan Rekor MURI

Charolin Pebrianti - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 19:09 WIB
Pawai Reog Obyok
Foto: detikcom/Charolin Pebrianti
Ponorogo -

Sebanyak 312 grup Reog Ponorogo tampil bersama di Jalan HOS Cokroaminoto dan Jalan Jenderal Sudirman sore. Acara ini pun tercatat di Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Total 21 kecamatan ikut hadir memeriahkan pagelaran Reog obyok di jalan. Mereka tampil dengan personil, bujang ganong, jathil, dadak merak, penabuh musik.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan pagelaran Reog obyok ini menunjukkan warga Ponorogo berdarah Reog. Pun juga bakal terus ada generasi penerus.

"Pawai Reog obyok ini menunjukkan adanya transmisi kebudayaan di Ponorogo berjalan, bayangkan kaderisasi anak-anak kecil penari ganongan kumpul, artinya kaderisasi jalan ke depan tidak akan berhenti dan pasti akan langgeng dan abadi," tutur Giri kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Giri menambahkan Reog obyok merupakan bentuk evolusi dari penampilan Reog. Ada Reog festival model Bantarangin, ada penari Kelono Sewandono, Bujang Ganong, Jathil, pembarong, pemain musik lengkap. Sementara, ada juga Reog obyok, terdiri penari jathil, pembarong dan pemain musik.

"Mudah-mudahan ke depan ada festival reog obyok diberi pakem agak indah biar top," papar Giri.

Menurutnya, ini kali pertama Reog obyok masuk ke dalam agenda Grebeg Suro 2022. Pawai reog obyok ini pun dipadati warga yang ingin menonton di sepanjang Jalan HOS Cokroaminoto dan Jalan Jenderal Sudirman.

"Puluhan ribu orang, tumplek blek disini butuh Reog. Ini artinya darah kami sudah Reog, mudah-mudahan melalui Kemenparekraf, Ponorogo masuk UCCN dan Reog segera masuk ke ICH-UNESCO," ujar Giri.

Penampilan Reog obyok ini, lanjut Giri, sebagai bentuk penampilan Reog kerakyatan. Ini kali pertama Reog Obyok tampil serentak dalam pawai. Sehingga masyarakat bisa dimanjakan dengan penampilan dari berbagai seniman.

"Kami bangga dengan gotong royong, bergandeng erat bergerak cepat, Ponorogo hebat. Tidak hanya hebat dalam budaya tapi juga kota santri," pungkas Giri.



Simak Video "Geram Reog Ponorogo Diklaim Malaysia, Ratusan Seniman Gelar Aksi"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)