Atap SMPN 3 Munjungan Trenggalek Ambruk Usai Diguyur Hujan

Adhar Muttaqin - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 15:15 WIB
Atap SMPN 3 Munjungan Trenggalek ambruk
Foto: Atap SMPN 3 Munjungan Trenggalek ambruk (Adhar Muttaqin/detikJatim)
Trenggalek -

Atap SMP Negeri 3 Munjungan, Trengglek ambruk. Tak ada korban jiwa atau luka dalam insiden itu. Ambruknya atap diduga karena curah hujan tinggi yang mengguyur kawasan pesisir selatan itu.

Plt Camat Munjungan, Yusuf Widharto, mengatakan peristiwa robohnya atap sekolah di Dusun Pagergunung, Desa Bendoroto, Kecamatan Munjungan tersebut terjadi pada Rabu (10/8/2022) dini hari sekitar pukul 02.00-05.00 WIB.

"Jadi, dalam satu lokasi gedung itu ada tiga ruangan, digunakan untuk (kelas) VII A, VII B dan ruang seni. Nah yang roboh itu ruang VII A saja," kata Yusuf, Rabu (10/8/2022).

Insiden itu bermula saat hujan deras disertai angin melanda wilayah Munjungan pada Rabu dini hari. Kondisi itu diduga menjadi pemicu robohnya atap tersebut, sebab kondisi konstruksi rangka juga telah lapuk.

"Kondisinya memang sudah tidak layak, sehingga ruang tersebut telah dikosongkan," terang Yusuf.

Yusuf menambahkan karena kondisi curah hujan disertai angin yang tinggi, penjaga sekolah kemudian berinisiatif mengecek sekolah. Pada pukul 02.00 WIB atap sekolah masih aman. Namun saat pukul 05.00 WIB, atap sekolah di ruang VII A diketahui sudah ambruk.

"Kejadian itu kemudian dilaporkan kepala sekolah dan pemerintah," kata Yusuf.

Menurut Yusuf, tak ada korban jiwa atau luka dalam insiden tersebut. Sebab saat ambruk terjadi pada dini hari dan ruangan juga sudah tak digunakan lama. Saat ini, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak terkait.

Rencananya, kerusakan itu akan dilaporkan ke Pemkab Trenggalek agar mendapat perbaikan. Sebab selama ini proses perbaikan telah dimasukkan dalam anggaran untuk tahun 2023.

"Informasi sudah siap dianggarkan di tahun 2023 pembangunannya, namun ternyata ambruk duluan," imbuhnya.



Simak Video "Diguyur Hujan Deras, Atap 2 Ruang Kelas SD di Cianjur Ambruk"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)