TNI AU 'Serang' Desa Pandanwangi Lumajang yang 'Dikuasai Musuh'

Nur Hadi Wicaksono - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 15:05 WIB
Warga antusias menontong latihan TNI AU
Foto: TNI AU berlatih serangan udara di Lumajang (Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)
Lumajang -

Puluhan pesawat dan ribuan pasukan Komando Operasi Udara (Koopasud) TNI Angkatan Udara (AU) melakukan serangan di Desa Pandanwangi, Tempeh, Lumajang yang dikuasai musuh. Penyerangan tersebut merupakan latihan yang digelar TNI AU.

Latihan operasi udara bersandi 'sikatan daya' itu diikuti 2.500 personel TNI, 24 pesawat tempur F-16, Sukhoi SU 27, T-50i Golden Eagle, 3 helikopter serta 2 pesawat Hercules.

Operasi udara itu meliputi pengintaian, operasi udara serangan strategis, penembakan dari udara ke darat menggunakan pesawat tempur hingga penerjunan pasukan di medan operasi.

Panglima Komando Operasi Udara II TNI AU Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra mengatakan latihan tersebut bertujuan untuk menyusun rencana operasi melibatkan semua satuan Koopsud II guna meningkatkan kemampuan satuan jajaran Koopsud II.

"Tujuan latihan Sikatan Daya ini untuk mengukur kemampuan Koopsud II dalam melakukan operasi udara mulai dari pengeboman dengan tepat, penerjunan tepat waktu serta latihan lainnya " ujar Ikoputra kepada detikJatim Rabu (10/8/2022).

Dalam operasi tersebut disimulasikan pangkalan udara TNI AU yang ada di Desa Pandanwangi dikuasai oleh musuh dan akan dilakukan upaya perebutan kembali. Operasi tersebut didahului dengan pengintaian melalui udara menggunakan pesawat intai boeing untuk mengetahui data kekuatan musuh.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan serangan dari udara ke darat yang dilakukan oleh pesawat F16 fighting falcon disusul penembakan dari pesawat Sukhoi SU 27, serta pesawat T-50 i Golden Eagle untuk menghancurkan sasaran pangkalan musuh.

Warga antusias menontong latihan TNI AUFoto: Warga antusias menontong latihan TNI AU (Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)

Simulasi operasi udara pun diakhiri dengan penerjunan pasukan TNI AU dengan menggunakan pesawat Hercules untuk mempertahankan pangkalan yang sudah dikuasi serta penyelamatan pilot oleh Kopasgat TNI AU.

"Latihan Sikatan Daya ini melibatkan personil dari TNI AU dan semua alutsista yang dimiliki oleh Koopsud II " pungkas Ikoputra.

Salah satu warga setempat, Genis yang menyaksikan secara langsung latihan tempur dari jarak aman mengaku senang dan mengapresiasi kemampuan TNI AU. Selain itu, latihan juga ternyata mampu memotivasi semangat anak-anak.

"Saya sebagai warga Lumajang mengaku senang bisa melihat latihan TNI secara langsung baik itu penerjunan, pengeboman dan yang lainnya sehingga bisa memotivasi anak anak dan masyarakat " ujar Genis.



Simak Video "Momen Parade Pesawat Tempur Warnai HUT TNI AU di Yogya"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)