Ada Reog saat KIB Daftar ke KPU, Golkar Jatim: Komitmen Jaga Kesenian

Faiq Azmi - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 14:02 WIB
Reog Ponorogo saat ikut pendaftaran KIB ke KPU
Reog Ponorog memeriahkan pendaftaran KIB ke KPU. (Foto: Dok. Istimewa)
Surabaya -

Tiga partai yang tergabung ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) resmi mendaftar ke KPU sebagai peserta Pemilu 2024. Golkar, PAN, dan PKB optimistis koalisi yang mereka bangun akan solid.

Pendaftaran parpol dari KIB itu berlangsung meriah.Pukul 10.00 WIB, trio Ketum KIB, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, dan Suharso Monoarfa mulai menuju kantor KPU untuk mendaftar.

Diawali di Graha Mandiri lalu massa berjalan kaki dengan memakai pakaian adat. Tidak ketinggalan pawai budaya dari berbagai kesenian daerah ikut mengiringi rombongan yang terdiri dari kader dan fungsionaris ketiga partai tersebut.

Ketua Golkar Jatim M Sarmuji merasa senang dan bangga salah satu kesenian rakyat Jawa Timur ikut mengiringi pendaftaran parpol KIB ke KPU.

"Saya bangga Reog dilibatkan dalam pendaftaran parpol. Ini bentuk apresiasi sekaligus pengakuan eksistensi Reog secara nasional, sekaligus komitmen kita untuk menjaga dan mengembangkan kesenian tradisional, khususnya yang berasal dari Jawa Timur," ujar Sarmuji.

Penampilan Reog Ponorogo cukup menarik perhatian masyarakat sepanjang iring-iringan rombongan menuju KPU. Sarmuji yang turut dalam rombongan KIB terlihat antusias dengan tarian asli Jawa timur tersebut.

"Ini menjadi bukti bahwa Partai Golkar dan koalisi yang ada di KIB memiliki komitmen yang kuat dan melibatkan seluruh elemen bangsa, termasuk kesenian dalam proses membangun bangsa," ungkap Sarmuji

"Kami menginginkan bahwa dalam membangun sebuah bangsa seluruh anak bangsa harus terlibat di dalamnya. Harus ada keseimbangan, saling mengisi, dan saling mendukung ke depannya. Hari ini KIB telah memulainya," Sarmuji melanjutkan.

Selain Reog Ponorogo, terpantau anggota KIB ada yang memakai pakaian adat dayak dan papua. Juga terlihat tarian Yosim Pancar (Yospan) dari Papua, Pencak Silat Betawi, hingga Marawis.

Sarmuji yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR RI berharap partai politik akan semakin terlibat dalam pelestarian budaya daerah.

"Semoga ke depan partai politik semakin terlibat dalam pelestarian kebudayaan yang mengakar di masyarakat melalui regulasi-regulasi yang yang lebih kuat, sebagai wujud kepribadian bangsa Indonesia," pungkas Sarmuji



Simak Video "PKB Belum Tentukan Sikap untuk Gabung Koalisi Indonesia Bersatu"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)