Kabar Nasional

Trio Ketum KIB Kompak Daftar Bareng ke KPU, Beri Sinyal Solid di Pemilu 2024

Tim detikNews - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 13:41 WIB
Surabaya -

Tiga partai yang tergabung ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) resmi mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU. Golkar, PAN, dan PPP yang datang bareng ke KPU memastikan solid menghadapi Pemilu 2024.

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN, dan PPP resmi mendaftar ke KPU sebagai peserta Pemilu 2024. Ketiganya menyatakan koalisi ini akan solid menuju Pemilu 2024.

"Hari ini secara resmi Rabu tanggal 10, tiga partai partai, PAN, Golkar dan PPP masuk dalam KIB mendaftar bersama-sama ini juga memperlihatkan bahwa koalisi ini adalah koalisi yang berbasis kepentingan bersama dan juga menjanjikan kebersamaan dan soliditas menuju Pemilu 2024," jelas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat jumpa pers di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat seperti dikutip dari detikNews, Rabu (10/8/2022).

Airlangga menambahkan, partai-partai yang masuk ke dalam KIB akan mendukung KPU dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Ke depan, Partai Golkar selalu juga bersama PAN dan PPP mendukung KPU termasuk bahwa Pemilu ini perlu diselenggarakan dengan anggaran yang cukup dan anggaran ini sifatnya multiyears mulai tahun ini sampai 2024," kata Airlangga.

Dia melanjutkan, ketum partai yang ada di KIB berada di lingkup pemerintah dan mengerti tentang siklus keuangan dan anggaran. Airlangga dan ketum parpol di KIB akan mengawal agar proses demokrasi Indonesia menjadi yang terbaik di dunia.

"Karena kami bukan hanya ada di parlemen, kami bertiga ini ada di pemerintah. Jadi, kami paham apalagi ada ketua Bappenas, siklus keuangannya jelas, anggarannya jelas,"ujar Airlangga.

"Dan tentu kami bertiga akan kawal supaya proses demokrasi Indonesia menjadi yang terbaik di dunia, karena kita adalah terbesar, 4 besar setelah Amerika, India. Kita adalah terbesar apalagi kalau kita bicara muslim penduduk terbanyak yang paling demokratis. Demokratis ini yang membawa stabilitas politik, stabilitas politik membawa kesejahteraan, karena tujuan kita semua agar sejahtera," imbuhnya.

(dte/dte)