Sederet Perayaan HUT ke-77 RI di Kota Pahlawan, Warga Diajak Meramaikan

Esti Widiana - detikJatim
Selasa, 09 Agu 2022 23:42 WIB
Sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mengikuti lomba balap karung di Liponsos Keputih Surabaya, Jawa Timur, Rabu (3/8/2022). Berbagai macam lomba yang digelar mulai tanggal 1-11 Agustus 2022 itu untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc.
Ilustrasi lomba balap karung Surabaya. (Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Surabaya -

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak warga Kota Pahlawan menyemarakkan Bulan Kemerdekaan. Salah satunya dengan turut meramaikan berbagai kegiatan yang digelar pemkot mulai 9-25 Agustus 2022.

Perhelatan untuk menyemarakkan Bulan Kemerdekaan itu dibidani oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya bersama dinas terkait lainnya.

"Ada dua kategori perlombaan, pertama untuk kalangan internal OPD atau seluruh instansi di lingkungan Pemkot Surabaya. Pada 9-15 Agustus 2022 digelar Lomba Bola Voli Campuran di Gelora Pancasila, dan 10-12 Agustus 2022 digelar Lomba Tenis Meja di Lantai 3 Ruangan Serbaguna," kata Kepala Disbudporapar Wiwiek Widayati, Selasa (9/8/2022).

Kemudian, lanjutnnya, pada 12-13 Agustus 2022 akan digelar lomba Hadang Putri, Panjat Pinang dengan 1 pohon, Estafet Tradisional, dan Gebuk Bantal. Lokasinya di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Sisi Selatan, Jalan Pantai Kenjeran Surabaya.

Warga Surabaya bisa menyaksikan perlombaan panjat panjat pinang dan gebuk bantal tersebut. Oleh karena itu, Wali Kota Eri akan ikut bertanding melawan Forkompinda Surabaya.

"Masyarakat bisa ikut meramaikan kegiatan peringatan HUT ke-77 RI dengan menyaksikan berbagai perlombaan itu. Apalagi, Wali Kota Eri Cahyadi juga akan mengikuti perlombaan. Kemudian, pada 13-14 Agustus juga akan ada Lomba Perahu Layar," ujar dia.

Wiwiek menjelaskan, untuk Lomba Perahu Layar akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan 50 perahu yang terlibat. Masyarakat Surabaya bisa menyaksikan kegiatan itu di THP Kenjeran Sisi Utara, Jalan Pantai Kenjeran Surabaya.

"Kategori kedua adalah perlombaan untuk masyarakat, di mana peserta lomba Perahu Layar merupakan para nelayan sekitar yang akan beradu dalam kecepatan serta bersaing dalam keindahan atau kreativitas menghias Perahu Layar," ujarnya.

Menurutnya, dari sisi pariwisata, lomba Perahu Layar adalah salah satu kegiatan menguatkan keberadaan nelayan. Sebab, saat mereka tidak beraktivitas mencari Ika, mereka juga bisa mengerjakan komoditas wisata melalui lomba Perahu Layar.

"Kami menggunakan perahu tradisional dengan menghias perahu dan layarnya, dengan didominasi oleh aksesoris berwarna merah-putih," ujarnya.

Kemudian pada 14 Agustus 2022, Pemkot Surabaya akan melaunching lomba film pukul 10.00 WIB di komplek Balai Pemuda di Gedung Balai Budaya Surabaya.

Lanjut pada 15 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB juga akan digelar nonton film bareng (nobar) Film Koesno bersama Wali Kota Surabaya.

"Masyarakat Surabaya akan menyaksikan film Koesno yang berkisah tentang perjalanan Presiden Pertama RI saat menempuh pendidikan di Surabaya," ujarnya.

Terakhir, pada 24 Agustus 2022 akan digelar launching Pameran Surabaya Great Expo (SGE) di Grand City Convention and Expo Kota Surabaya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M. Fikser mengataka bahwa Wali Kota Eri mengajak masyarakat untuk menyaksikan Film Koesno di komplek Balai Pemuda di Gedung Balai Budaya pukul 15.00 WIB.

"Pemkot Surabaya melalui Disbudporapar Kota Surabaya memiliki banyak agenda menarik dalam rangkaian HUT ke-77 Kemerdekaan RI, salah satunya adalah mengajak masyarakat menyaksikan Film Koesno bersama Wali Kota Eri Cahyadi," ujarnya.



Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)