Tim Korlantas Polri Survei Lokasi Pemasangan ETLE di Sidoarjo

Suparno - detikJatim
Selasa, 09 Agu 2022 14:23 WIB
Tim Korlantas Polri survei lokasi pemasangan kamera ETLE di Sidoarjo
Tim Korlantas Polri survei lokasi pemasangan kamera ETLE di Sidoarjo (Foto: Suparno/detikJatim)
Sidoarjo -

Tim Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri didampingi Satlantas Polresta Sidoarjo melakukan survei lokasi pemasangan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah titik wilayah Sidoarjo. Kegiatan itu dilakukan bersamaan survei di dua daerah lain di Jatim.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Yanto Mulyanto mengatakan Tim Survei Korlantas Polri tiba di Polresta Sidoarjo sekitar pukul 08.00 WIB. Tim itu datang didampingi Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim.

"Sebenarnya survei itu dilakukan bersamaan dengan Pasuruan Kota dan Probolinggo Kota. Jadi tim bergerak di sini selama empat hari," kata Yanto melalui telepon seluler, Selasa (9/8/2022).

Ia juga menjelaskan, Satlantas Polresta Sidoarjo mendapat dua kamera ETLE untuk penindakan, empat kamera monitoring, dan dua kamera analitik. Kamera analitik yang didapat adalah jenis terbaru yang hanya diletakkan di wilayah perbatasan antardaerah.

"Kamera (Analitik) itu berfungsi untuk menganalisa jumlah kendaraan yang masuk dan keluar dari wilayah Sidoarjo. Termasuk jumlah kendaraan berat, jumlah beratnya, jumlah kendaraan roda dua, dan roda empat. Semua bisa dilihat dan dianalisa," jelas Yanto

Pemasangan kamera ETLE sendiri ada di traffic light (TL) Simpang Lima Krian. Yang kedua berada di Simpang Tiga Kletek Taman. Ada pertimbangan khusus mengapa ETLE ditempatkan di dua lokasi itu. Salah satunya karena pelanggaran paling banyak terjadi.

Yanto menambahkan, pemasangan kamera monitoring nanti akan dilakukan di empat titik. Yakni di TL Gedangan, TL di bawah layang Waru, TL Maspion 2 Buduran, dan TL Geluran Taman. Empat titik itu dipilih karena menjadi kawasan rawan macet dan juga rawan kecelakaan.

"Nantinya, kondisi lalu lintas yang terekam kamera monitoring di empat titik itu menjadi bahan analisa petugas untuk bertindak. Kalau ETLE sejauh ini ada dua yang terpasang. Dan ini ditambah dua berarti ada empat, dan satu kamera incar," tandas Yanto.



Simak Video "Korlantas: Belum Bayar Pajak STNK Bisa Ditilang"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)