Korlantas Mabes Polri Survei Pemasangan Kamera ETLE di Probolinggo

M Rofiq - detikJatim
Senin, 08 Agu 2022 23:31 WIB
Kasubbag Harwat Korlantas AKBP Imara Utama
Foto: Kasubbag Harwat Korlantas AKBP Imara Utama (M Rofiq/detikJatim)
Probolinggo -

Korlantas Mabes Polri melakukan survei pemasangan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan kamera pengawas untuk penindakan. Survei ini dilakukan di 9 polres yang berada di Jatim. Salah satunya di Kota Probolinggo.

Pemasangan kamera CCTV ini sendiri akan ditempatkan di delapan titik di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota. Tak hanya untuk memantau arus lalu lintas, namun kamera juga bisa melakukan penindakan.

Kasubbag Harwat Korlantas Polri AKBP Imara Utama menjelaskan ada tiga jenis kamera yang akan dipasang di delapan titik di Kota Probolinggo. Ketiganya yakni kamera CCTV, yakni kamera ETLE, Analytic dan Monitoring.

Ada tiga jenis kamera yang akan kami pasang, mulai dari kamera analitik yang di pasang di perbatasan, selanjutnya kamera ETLE dan kamera monitoring. Selain itu kami akan memperbaiki ruangan TMC di Polres-Polres yang sudah dipasang sehingga bisa digunakan maksimal," ujar Imara, Senin (8/8/2022).

Dikatakan Imara, kamera yang akan dipasang mempunyai spesifikasi canggih yang didatangkan langsung dari Korea Selatan. Untuk kamera ETLE resolusi 9 MP dengan kamera depan belakang, kamera monitoring dengan resolisi 3 MP dengan 30 kali zoom sejauh 2 km.

Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota AKP Roni Faslah mengatakan dengan pemasangan kamera ini, ia berharap pengendara dan atau masyarakat bisa lebih tertib berlalu lintas. Tak hanya itu, dengan pembaharuan sistem ini, pihaknya juga berharap bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Semoga dengan pembaruan sistem alat lalu lintas, bisa menyadarkan masyarakat untuk tertib berlalu lintas, dan mengurangi pelanggaran berlalu lintas, dan tentunya bisa mengurangi angka kecelakaan" kata Roni.



Simak Video "Wajah Baru Seragam Polisi Lalu Lintas, Begini Wujudnya"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)