Kabar Pendidikan

Berikut 10 Negara Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri Tahun 2022

Tim detikEdu - detikJatim
Selasa, 09 Agu 2022 11:18 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri
Foto: Dok. Getty Images
Surabaya -

Sebuah lembaga pendidikan yang berbasis di Swedia, Keystone Education group merilis daftar negara terbaik untuk kuliah di luar negeri di tahun 2022. Survei tersebut didapatkan dari 10 ribu responden dari 181 negara di dunia.

Dilansir dari detikEdu, Peringkat ini disusun berdasarkan beberapa indikator, di antaranya kualitas pengajaran, prospek meraih tujuan karier, pengembangan pribadi, budaya dan gaya hidup, kesempatan membangun jejaring, prospek belajar bahasa, dan peluang menjelajah.

Informasi ini menarik dan bermanfaat bagi yang ingin mempertimbangkan kondisi negara tujuan untuk kuliah di luar negeri. Daftar di bawah ini juga bisa menjadi rekomendasi untuk yang ingin kuliah di luar negeri.

Negara Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri

1. Australia

Mengutip dari laman resmi survei di educations.com, Australia memiliki beberapa aspek top untuk para mahasiswa global, yaitu kualitas pengajaran, penunjang karier, dan pengembangan diri. Di sisi lain, ada banyak situs yang bisa dijelajahi bagi para pelajar yang berjiwa petualang.

Ada 20 tempat yang dinobatkan sebagai UNESCO World Heritage di Negeri Kanguru, seperti Uluru-Kata Tjuta National Park, Tasmanian Wilderness, dan lainnya. Selain itu, Australia juga punya hutan hujan tertua, Daintree, atau berbagai tempat wisata pantai.

2. Kanada

Sedikit berbeda dari Australia, kualitas menonjol dari negara Kanada untuk para pelajar adalah kualitas pengajaran dan kesempatan belajar bahasa. Bahasa Inggris bukan satu-satunya bahasa yang dituturkan secara luas di negara ini, sebab bahasa Prancis juga banyak digunakan.

Meski dua bahasa ini mendominasi, karena Kanada bisa dikatakan sangat multikultural, maka mahasiswa asing juga akan mendengar banyak bahasa lainnya. Di sisi lain, Kanada turut menawarkan pemandangan danau berhutan, pantai berbatu, pegunungan bersalju, dan banyak keindahan alam lainnya.

3. Jerman

Jerman menempati peringkat ketiga sebagai negara terbaik untuk kuliah di luar negeri karena kualitas pembelajaran dan prospek untuk menunjang karier. Terlebih, negara ini menawarkan pengalaman belajar di beberapa universitas tertua di dunia.

Salah satu pemandangan menarik yang bisa kalian jumpai ketika kuliah di Jerman adalah spot-spot bersejarahnya, misalnya Tembok Berlin dan memorial Holocaust. Di samping itu, mahasiswa luar negeri juga bisa memanjakan mata jika menjelajah area-area pedesaan.

4. Amerika Serikat

Selain kualitas perkuliahan, budaya di Amerika Serikat dapat menjadi sisi yang patut untuk digali. Negara paling multikultural ini punya beragam subkultur dan sejarah untuk dipelajari.

Di samping itu, universitas juga menjadi salah satu kawasan peleburan budaya di Amerika Serikat. Dan bagi kalian yang menyukai makanan seperti pizza, ayam goreng, atau taco, negara ini layak untuk dipertimbangkan sebagai tujuan kuliah.

5. Swiss

Negara Swiss menduduki peringkat kelima dalam survei ini. Swiss memberikan kesempatan pengembangan diri dan pengembangan tujuan karier untuk para mahasiswa.

Swiss juga bisa mengasah kalian dalam belajar berbagai percampuran bahasa, seperti Swiss-Prancis, Swiss-Italia, Swiss-Jerman, bahkan Romansh. Selain itu, soal pemandangan Swiss tentu tak perlu diragukan lagi, mulai dari pegunungan, danau, dan hutan, banyak tempat yang bisa dijelajahi.

6. United Kingdom

Apabila kuliah di UK, mahasiswa tak hanya akan belajar di kampus saja. Negara ini memiliki banyak museum yang memperlihatkan sejarah-sejarah dunia.

UK juga terdiri dari banyak negara bagian seperti Inggris, Skotlandia, Irlandia Utara, atau Wales. Sehingga, ada banyak pilihan universitas tentunya.

7. Belanda

Negara Belanda unggul dalam hal efisiensi dan sustainabilitasnya, sehingga kondisi ini turut membuat nyaman penduduk di dalamnya. Oleh sebab itu, mahasiswa yang mempertimbangan sisi kondusif tempat belajar, bisa memasukkan negara ini menjadi pertimbangan.

Apabila belum lancar bahasa Belanda, kalian tak perlu khawatir. Sebab, Belanda juga punya banyak program kuliah yang disampaikan dengan bahasa Inggris.

8. Prancis

Salah satu daya tarik Prancis bagi mahasiswa global, tentunya adalah bangunan yang artistik yang tersebar di sana. Apabila ingin meredakan ketegangan di masa liburan, mahasiswa juga bisa mengunjungi pedesaan ala fairytale di wilayah Alsace atau lainnya.

Sebagai satu negara yang kaya dengan sejarah dunia, pelajar pun bisa menimba ilmu sambil healing di museum-museum di sana. Dalam survei oleh Keystone Education Group ini, Prancis unggul dalam aspek budaya dan gaya hidup serta kesempatan menjelajah.

9. New Zealand

Negara yang letaknya tak jauh dari Indonesia ini memiliki kekayaan budaya dan bahasa. Jika kuliah di sana, mahasiswa bisa menggali tentang budaya asli di sana, yaitu Maori.

Di samping itu, ada banyak hutan, pantai, dan pegunungan yang bisa dijelajahi untuk meredakan stres. Selain peluang menjelajah, New Zealand juga masuk ke dalam pemeringkatan ini karena dinilai banyak memberi kesempatan pengembangan diri.

10. Spanyol

Negara Eropa satu ini tak kalah menarik untuk dijadikan tujuan belajar di luar negeri. Pasalnya, ada banyak sisi budaya dan peluang menjelajah yang bisa digali.

Spanyol memiliki berbagai museum, spot sejarah, sampai pasar-pasar yang unik. Negara ini juga mempunyai beberapa universitas yang amat tua, di mana salah satunya telah dibangun sejak 1218.

Itulah beberapa negara terbaik untuk kuliah di luar negeri pada 2022 ini. detikers ingin kuliah di mana?



Simak Video "KuTips: Cara Kilat Nyatet Otomatis Tanpa Repot Ngetik"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/fat)