Gerindra Bakal Usung Lagi Bupati Ikfina di Pilbup Mojokerto 2024

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Senin, 08 Agu 2022 23:02 WIB
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati (kanan), Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad (tengah),  Ketua Gerindra Mojokerto (kiri).
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati (kanan), Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad (tengah), Ketua Gerindra Mojokerto (kiri). (Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Mojokerto -

Partai Gerindra bakal kembali mengusung Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati pada perhelatan Pilkada 2024. Sebelum itu, partai berlambang kepala burung garuda ini fokus memenangkan Pileg dan Pilpres.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Mojokerto Hidayat mengatakan saat ini pihaknya fokus mencapai target 10 kursi DPRD Kabupaten Mojokerto pada Pileg 14 Februari 2024. Pada Pileg sebelumnya pada 2019 Partai Gerindra hanya memperoleh 3 dari 50 kursi dewan.

Selain itu, pihaknya juga fokus memenangkan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai Presiden dalam Pilpres mendatang.

"Kami sangat optimis karena kami sudah melakukan konsolidasi internal, PAC sudah lengkap, ranting hampir 90 persen terbentuk. Kami siap mencapai target 10 kursi. Kami juga harus memenangkan Pak Prabowo menjadi presiden," kata Hidayat kepada detikJatim, Senin (8/8/2022).

Disinggung terkait Pilbup Mojokerto 2024, Hidayat menyatakan saat ini belum menentukan sosok yang akan diusung Partai Gerindra. Karena pihaknya masih fokus memenangkan Pileg dan Pilpres 14 Februari 2024. Hasil Pileg, kata dia, yang akan menentukan strategi Partai Gerindra dalam Pilkada.

"Jadi, untuk kepentingan Pilkada, hari ini kami dorong Bupati dan Wabup bekerja sebaik-baiknya. Ada empat hal yang harus menjadi perhatian, pendidikan, kesehatan, pertanian dan peningkatan pendapatan keluarga yang lebih spesifik soal UMKM," terangnya.

Seandainya target 10 kursi DPRD Kabupaten Mojokerto tercapai, lanjut Hidayat, pihaknya bakal mengusung kader atau tokoh terbaik yang diharapkan masyarakat pada Pilbup 2024 mendatang. Namun, sampai saat ini Partai Gerindra belum menentukan siapa kader atau tokoh yang akan diusung.

"Kami akan berkomunikasi dengan semua tokoh di Kabupaten Mojokerto. Pada saatnya nanti, kami akan mendorong tokoh terbaik untuk memimpin Kabupaten Mojokerto. Sampai detik ini kami belum fokus pada satu orang," cetusnya.

Lain halnya dengan pernyataan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad sehari sebelumnya. Yakni ketika pengukuhan pengurus DPC Partai Gerindra Kabupaten Mojokerto di Siti Inggil, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Minggu (7/8). Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati turut menghadiri acara itu.

Meski tidak gamblang, statemen Anwar terkait kehadiran Ikfina di acara itu menggambarkan komitmen Partai Gerindra pada Pilbup Mojokerto 2024. Yaitu kembali mengusung Ikfina seperti yang telah mereka lakukan pada Pilbup Mojokerto 9 Desember 2020.

"Kehadiran Ibu Bupati ini sudah menggambarkan banyak hal. Kami dulu mengusung beliau di Pilkada lalu dan tetap berkomitmen akan mengusung beliau. Jadi, pasti akan bisa dipersepsi, bisa diintepretasi bermacam-macam. Kehadiran beliau ini lebih fasih, lebih menggambarkan daripada hanya kata-kata, iya, saya mendukung. More than words," ujarnya.

Pada Pilbup Mojokerto 9 Desember 2020, Ikfina diusung Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Hanura, PKS, PAN dan partai Gerindra. Saat itu Ikfina berpasangan dengan Muhammad Al Barra atau Gus Barra putra Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah KH Asep Saifuddin Chalim.

Pasangan Ikfina dan Barra menang telak dari pasangan Yoko Priyono-Choirun Nisa yang diusung Partai Golkar dan PPP, serta pasangan Pungkasiadi-Titik Masudah yang diusung PDIP, PKB, dan PBB.



Simak Video "24 Parpol yang Berkas Pendaftaran Pemilu Dinyatakan Lengkap oleh KPU"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)