Datang ke Ponpes Kediri, Kapolri Didoakan Kiai Soal Polri yang Tengah Diuji

Andhika Dwi - detikJatim
Sabtu, 06 Agu 2022 19:10 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat berkunjung ke Ponpes Ploso Kediri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat berkunjung ke Ponpes Ploso Kediri. (Foto: Andhika Dwi/detikJatim)
Kediri -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Kediri. Kunjungan Kapolri ini sengaja dilakukan untuk menjalin silaturahmi dengan beberapa kiai sepuh NU dan menghadiri Haul Ponpes.

Dalam kesempatan yang sama Kapolri mendapat doa khusus dari para kiai soal kepemimpinannya di institusi Polri yang saat ini sedang menghadapi ujian.

Datang naik helikopter Polri, Listyo Sigit mendarat di lapangan Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, tak jauh dari lokasi Ponpes Al Falah.

Kedatangan rombongan Kapolri disambut KH Muhammad 'Abdurrahman Al Kautsar putra dari KH Nurul Huda Djazuli salah seorang Kiai Ponpes Al Falah Ploso Mojo Kabupaten Kediri dan sejumlah kiai sepuh di Ponpes Ploso.

Seperti diketahui saat ini institusi Polri tengah menjadi perhatian publik terkait insiden penembakan yang terjadi di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo.

"Kewajiban kita sebagai rakyat, apalagi sebagai santri, mendoakan pemimpin kita. Kami akan selalu percaya langkah-langkah yang beliau ambil. Pak Kapolri sangat luar biasa menyikapi hal itu, sangat tegas, dan sangat tabah," kata Gus Kautsar, Sabtu (6/8/2022).

Selain itu KH Muhammad 'Abdurrahman Al Kautsar juga menambahkan bahwa kedatangan Kapolri ke Ponpes Al Falah untuk meminta doa dan dukungan dari para kiai. Terutama terkait keamanan dan menjelang tahun politik.

"Alhamdulillah berpesan bahwa kami yang ada di pondok pesantren sudah dimintai bantuan untuk ikut mengamankan situasi ikut menyemangati dan mengamankan nenjelang tahun tahun politik. Ikut menjaga keamanan menyemangati warga kita, karena 2 tahun kena pandemi. Prinsipnya ikut menjaga tahun politik ke depannya," ujar Gus Kautsar.

Listyo Sigit kemudian bertemu para masyayikh termasuk pemimpin pondok KH Nurul Huda Djazuli. Pertemuan itu berlangsung tertutup dan tidak diperkenankan diliput awak media.

Usai menghadiri acara Haul Ponpes Al Falah Ploso, Kapolri juga sowan ke Ponpes Lirboyo Kota Kediri dan bertemu ribuan santri untuk memberikan motivasi wawasan kebangsaan. Setelah itu rombongan Kapolri dan Kapolda Jatim meninggalkan acara dengan helikopter di lapangan Lirboyo Kediri.

Dalam kunjungannya ke Jatim ini, Kapolri memberikan bantuan sepeda kayuh, sepeda motor, dan laptop untuk operasional pondok pesantren.

Turut mendampingi adalah Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo, Dandim 0809 Kediri Letkol Rully, Kajari Ngasem Kediri dan Kapolres sekitar Kediri mendampingi orang nomer 1 di Kepolisian Republik Indonesia tersebut.



Simak Video "Kapolri Mutasi 30 Perwira, Ini Daftarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)