Kabar Teknologi

Berikut Cara Ngecas HP yang Aman Agar Tidak Meledak

Tim detikINET - detikJatim
Jumat, 05 Agu 2022 10:28 WIB
Ponsel meledak yang tewaskan bocah Ciamis
Ponsel meledak yang tewaskan bocah di Ciamis, Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar
Surabaya -

Peristiwa HP meledak saat sedang diisi daya (dicas) kembali terjadi lagi. Malangnya, insiden ini sampai memakan korban seorang bocah kelas 3 SD di Jawa Barat yang ditemukan tewas di rumahnya dengan luka bakar di bagian dadanya pada Rabu (3/8/2022) siang.

Dilansir detikINET, peristiwa ini terjadi di Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kepala Desa Kiarapayung Dedi membenarkan hal ini dan menduga korban meninggal dunia karena ponsel yang dipakainya meledak.

Hal itu terlihat dari ponsel yang ditemukan dengan kondisi baterai yang pecah dan berantakan. Baterai juga terlihat agak cembung, sedangkan kabel charger masih utuh.

Kejadian ponsel yang terbakar hingga meledak sebenarnya sesuatu yang langka dan bisa dihindari dengan cara mengisi ulang baterai yang tepat. Berikut ini faktor dan cara cas HP yang aman agar baterainya tidak meledak, seperti dikutip dari PCMag, Kamis (4/8/2022).

Faktor Penyebab Baterai Ponsel Meledak

Ada beberapa alasan mengapa ponsel bisa terbakar atau meledak. Secara umum, hal ini disebabkan oleh baterai yang digunakan. Ketika terjadi ada sesuatu yang salah, komponen di dalam baterai lithium-ion dapat rusak dan menimbulkan reaksi berbahaya yang bisa menyebabkan kebakaran.

Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor, namun faktor utamanya adalah panas yang berlebih. Untuk baterai ponsel, reaksi berantai yang disebut 'thermal runaway' bisa membuat baterai yang terlalu panas saat dicas menjadi lebih panas dan kemudian terbakar atau meledak.

Baterai ponsel bisa terlalu panas karena beberapa faktor. Misalnya jatuh hingga menimbulkan kerusakan fisik, HP dibiarkan di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama, malware yang membuat prosesor bekerja ekstra keras, hingga kesalahan saat mengisi ulang daya baterai.

Tanda-tanda Baterai Ponsel Akan Meledak

Ada beberapa tanda peringatan yang perlu Anda waspadai untuk mencegah baterai ponsel meledak. Misalnya jika mendengar suara mendesis atau letupan dari dalam ponsel atau mencium bau plastik terbakar, kemungkinan baterai ponsel sudah rusak dan nyaris terbakar.

Perhatikan juga apakah ponsel terasa sangat panas, terutama saat sedang dicas. Jika terlalu panas sampai menyebabkan rasa sakit saat disentuh, segera cabut dari charger-nya.

Tanda peringatan lain yang harus diperhatikan adalah baterai yang sudah menggembung. Hal ini bisa terjadi jika baterai mengalami kerusakan fisik atau ada komponen internal yang kinerjanya sudah menurun.