Kabar Daerah

Kominfo Buka Blokir Yahoo, Steam, Cs Go dan Dota-PayPal Masih Proses

Tim detikINET - detikJatim
Selasa, 02 Agu 2022 13:03 WIB
PSE Kominfo
PSE Kominfo (Foto: 20detik)
Surabaya -

Kementerian Kominfo mengumumkan sejumlah PSE yang diblokir sudah dinormalisasi. Sementara PayPal masih dalam proses pendaftaran. Berikut penjelasannya dilansir dari detikINET.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan update terkait para Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang telah diputus aksesnya. Dilansir dari keterangan Kominfo, Selasa (2/8/2022) sejumlah blokir sudah dibuka.

Kementerian Kominfo telah berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS GO, dan Dota). Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini.

"Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut," kata Jubir Kominfo Dedy Permadi.

Kementerian Kominfo juga telah berkomunikasi dengan pihak Paypal. Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat.

"Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat," kata dia.

Saat dicek oleh detikINET, Steam sudah bisa diakses lewat Telkomsel. Namun ketika dicoba dari Indosat dan Biznet, aksesnya masih tertutup.

Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini adalah amanat dari PP No 71/2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik. Serta Pemenkominfo No 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.



Simak Video "Update Kominfo soal Pemblokiran dan Pendaftaran PSE"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)