Khofifah Gowes Bareng Peringati 1 Muharram dan Kemerdekaan RI

Esti Widiyana - detikJatim
Minggu, 31 Jul 2022 12:00 WIB
khofifah buka agenda gowes
Gubernur Jatim Khofifah (tengah) saat buka agenda gowes (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadiri agenda gowes bareng puluhan ribu warga Jatim di Surabaya pagi ini di depan Grahadi, Surabaya. Gowes bareng ini dalam rangka memperingati 1 Muharram Tahun Baru Islam 1444 Hijriah.

Khofifah mengatakan bahwa gowes bisa membangun persaudaraan. Khususnya dalam momentum menyambut tahun baru Islam.

"Ini adalah lintas-lintas, lintas budaya, agama, elemen. Sebagai bangsa kita harus jaga bersama-sama. Termasuk bendera merah putih mengawali gowes pagi hari ini," kata Khofifah kepada wartawan, Minggu (31/7/2022).

khofifah buka agenda gowesSuasana gowes bareng Gubernur Jatim di depan Grahadi Foto: Esti Widiyana

Sekitar 20 ribu warga Jatim mengikuti agenda gowes ini. Mulai dari warga umum, komunitas sepeda, hingga pawai sepeda hias anak yatim.

Selain memeriahkan Tahun Baru Islam, gowes hari ini juga menyambut bulan kemerdekaan besok Senin (1/8/2022). Yang ditandai dengan membawa bendera merah putih.

"Suasanya sangat lengkap dengan suana merah putih, besok sudah masuk bulan kemerdekaan, bulan Agustus. Jadi semangat 45, semangat merah putih akan menjadi momentum dari gerakan yang kita lakukan bersama," jelasnya.

Tak hanya gowes, Pemprov Jatim juga menyediakan banyak door price yang menarik untuk warga Jatim. Hadiah utamanya adalah 3 paket umroh.

"Doorprice cukup banyak, ada 3 paket umroh, ada juga 5 unit sepeda motor, 44 unit sepeda, 10 unit TV, 10 unit kulkas dan hadiah lainnya. Kebersamaan ini indah, mudah-mudahan bisa kita jaga," sebutnya.

Kemudian, disediakan pula pelayanan vaksinasi booster sebanyak 1.444 dosis untuk warga. Vaksinasi akan dibuka hingga pukul 17.00 WIB.

"Tadi malam kita rapat koordinasi sudah hampir 2.000 yang mendaftar. Jadi hari ini lebih dari 2.000. Angka 1.444 karena kita menyambut tahun baru hijriah. Tapi kita akan melayani, tim vaksinator siap, ada vaksin cukup. Jam 17.00 WIB kita tutup vaksinasinya," pungkas Khofifah.



Simak Video "Apresiasi Khofifah Atas Pembukaan Trans Icon Mall Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)