2 Pekan Lagi Vaksin Kedaluwarsa, Dinkes Lamongan Vaksinasi Door to Door

Eko Sudjarwo - detikJatim
Minggu, 31 Jul 2022 00:59 WIB
Vaksinasi COVID-19 di Lamongan
Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim
Lamongan -

Seribu lebih dosis vaksin AstraZeneca akan kedaluwarsa dalam 2 pekan lagi. Atau pada 16 Agustus mendatang.

Kabid Pengendalian Penyakit Dinkes Lamongan, dr Indra Tsani mengungkapkan, ada 1.240 dosis vaksin AstraZeneca yang akan masuk expired date atau kedaluwarsa.

Stok vaksin lain yang juga akan kedaluwarsa, menurut Indra, adalah vaksin Sinovac. Yang akan memasuki masa kedaluwarsa pada 10 September mendatang.

"Stok vaksin AstraZeneca ada 1.240 dosis dan akan masuk ED pada 16 Agustus 2022. Stok vaksin Sinovac masih ada 1.880 dosis yang akan kedaluwarsa pada 10 September 2022," kata Indra kepada wartawan, Sabtu (30/7/2022).

Untuk mempercepat proses vaksinasi, terang Indra, Dinkes Lamongan bekerja sama dengan instansi terkait lainnya, menggelar vaksinasi secara door to door. Yaitu dengan datang langsung ke rumah-rumah warga yang akan divaksin.

Cara ini, lanjut Indra, membuat vaksin lebih cepat tersalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

"Kami juga membuka kegiatan vaksinasi ini di Puskesmas yang ada di seluruh Lamongan dan juga di kantor Dinas Kesehatan Lamongan," ujarnya.

Terkait animo masyarakat terhadap vaksinasi, Indra menyebut, saat ini minat masyarakat untuk mengikuti vaksin booster atau vaksin dosis ketiga meningkat. Itu seiring dengan dipakainya vaksin booster sebagai salah satu syarat perjalanan jarak jauh.

"Masyarakat juga sudah tak lagi memilih-milih jenis vaksin COVID-19 karena mengikuti vaksin vaksin pertama dan kedua," tambahnya.



Simak Video "Laporan Satgas: Laju Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Merosot"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)