Review Money Heist Korea: Tak Kalah Ciamik dengan Versi Spanyolnya

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Jumat, 29 Jul 2022 13:54 WIB
Jeon Jong Seo di Drama Korea Money Heist Korea - Joint Economic Korea
Jeon Jong Seo di Drama Korea Money Heist Korea - Joint Economic Korea/Foto: Dok. Netflix
Surabaya -

Setelah sukses dengan Money Heist, Netflix merilis Money Heist: Korea-Joint Economic Area yang tak kalah ciamik. Meski secara garis besar ide ceritanya masih sama, namun sang sutradara Kim Hong Sun menambahkan elemen berbeda yang disesuaikan dengan budaya Korea.

Di sini, Kim salah satunya memasukkan unsur Korea Utara dan beberapa isu sosial lainnya yang akan membawa heist ini menjadi berbeda dari serial sebelumnya. Kim membawa kejutan kepada para penonton baru, terlebih bagi para penggemar La Casa de Papel.

Alex Pina, sang kreator, tidak benar-benar melepas tuntas serial ini. Ia masih berkecimpung dalam serial ini, namun bukan sebagai sutradara, melainkan sebagai produser eksekutif.

Money Heist Korea ini berlatar belakang kedua Korea yang telah bersatu dalam Zona Ekonomi Bersama dan dengan mata uang yang sama. Kedua Korea pun bersatu dalam menangkap perampok dengan jumpsuit merah ini.

Di Money Heist Spanyol, para perampok menggunakan simbol perlawanan yang terlihat dari topeng Salvador Dali yang dikenakan. Di versi Korea, para perampok menggunakan topeng Hahoe yang juga memiliki nilai kritik terhadap otorisasi pemerintah Korea.

Ada satu pemeran yang cukup menonjol di sini yakni Tokyo (Jeon Jong Seo). Pada Money Heist Spanyol, Tokyo digambarkan sebagai sosok yang urakan dan nakal. Berbeda dengan versi Korea, Tokyo yang berasal dari Korea Utara merupakan sosok yang fokus dan penuh ambisi.

Kedekatannya dengan Rio (Jonathan Tanigaki) juga tidak terlalu detail seperti versi Spanyol. Entah apa maksud Kim menjadikan Tokyo berbeda. Mungkin saja kedua karakter akan digambarkan lebih jelas di season berikutnya.

Jeon Jung Seo ternyata pernah mendapat penghargaan aktris terbaik. Pantas saja aktingnya sangat memukau dengan wajah imut nan manis namun penuh taktik yang strategis. Kedekatan karakter Denver dan Yoon Mi Sun juga tidak terlalu dekat seperti versi Spanyol.

Ekspektasi penonton mungkin belum klimaks karena pada season ini belum menggambarkan kisah asmara para pemain secara detail. Inilah yang menjadi teka-teki dan wajib ditunggu season selanjutnya yang tentu akan sangat dinanti.



Simak Video "Heboh Indra Bekti Mirip Pemeran Money Heist Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/sun)