Kabar Kesehatan

Jangan Main 'Hajar', Ini Waktu Bercinta yang Pas Buat Lanjut ke Ronde Dua

Tim detikHealth - detikJatim
Minggu, 24 Jul 2022 04:04 WIB
Closeup side view of late 20s couple kissing in bed which probably leads to some love making. They are both still wearing pajamas and everything is decent.
Ilustrasi bercinta. (Foto: Istock)
Surabaya -

Dalam banyak kasus, sensasi bercinta bagi pasangan tak hanya cukup dalam sekali 'ronde'. Biasanya, ada motivasi tertentu yang membuat diri maupun pasangan belum juga merasa puas. Tak heran jika banyak pasangan yang bersaksi telah melakukan seks lebih dari 1 ronde demi mencapai klimaks.

Eits, tahan sebentar. Jangan main 'hajar' dong. Anda perlu memahami bahwa tubuh butuh waktu untuk bergerak mencapai keinginan yang menggebu di 'ronde' selanjutnya. Jeda ini wajib ada karena setelah orgasme otot butuh rileks hingga tekanan darah dan detak jantung kembali siap untuk dipacu.

Lantas berapa lama waktu yang diperlukan untuk lanjut ke 'ronde' berikutnya?

Waktu Jeda bagi Pria

Bagi pria, setelah mencapai klimaks, penis akan kehilangan pertumbuhan dan hasrat seksual yang menghilang. Karena itu, seorang pria tidak bisa menanggapi rangsangan seksual setelah orgasme pertama.

Kondisi ini disebut periode refrakter. Dikutip detikHealth dari pulse.com.gh, Sabtu (23/7/2022), kondisi ini dipicu beberapa hormon yang menyebabkan keadaan penis tidak bisa segera ereksi.

Periode refrakter ini tidak sama untuk semua pria, tergantung faktor usia. Bagi pria berusia 20-an, butuh hanya beberapa menit bagi mereka untuk kembali ereksi.

Namun, bagi pria yang sudah berusia 30 hingga 40 tahun dibutuhkan waktu lebih panjang. Antara 30 hingga 60 menit, bahkan lebih.

Waktu Jeda bagi Wanita

Sementara, bagi wanita, waktu jeda yang dibutuhkan lebih lama. Dilansir dari pulse.com.gh, ada studi yang menyebutkan lonjakan prolaktin yang terlepas selama orgasme saat berhubungan seksual 400 persen lebih tinggi daripada ketika melakukan mastrubasi.

Kondisi ini membuat wanita butuh periode refrakter lebih lama karena hipersensitivitas klitoris setelah orgasme membuatnya menolak stimulasi klitoris selanjutnya. Ini mirip sensitivitas penis yang dialami pria setelah klimaks. Namun, tak perlu khawatir, wanita bisa multi-orgasme.

Nah, itulah jeda yang dibutuhkan bagi pria maupun wanita agar bisa lanjut mencapai klimaks di 'ronde' selanjutnya. Silakan detikers menyesuaikannya. Waktu jeda itu bisa diisi dengan pelbagai aktivitas sensual yang minim effort.



Simak Video "KuTips: Tips Pilih Konten Edukasi Seks di Internet Ala dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)