8 Obat Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Dina Rahmawati - detikJatim
Kamis, 14 Jul 2022 23:51 WIB
8 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Ada Sup Ayam hingga Pisang
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/seb_ra
Surabaya -

Sakit tenggorokan merupakan masalah kesehatan yang sering dialami banyak orang. Rasa sakit pada tenggorokan biasanya terjadi karena infeksi virus atau bakteri.

Akibatnya, tenggorokan terasa panas, gatal, kering, dan nyeri saat berbicara. Bahkan terasa sakit saat sekadar menelan makanan.

Meski begitu, sakit tenggorokan bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan. Sakit tenggorokan dapat membaik dalam waktu seminggu.

Namun, jika sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi tenggorokan yang sakit, Anda bisa mencoba beberapa obat alami berikut ini.

1. Air Putih

Saat mengalami sakit tenggorokan, Anda perlu lebih banyak cairan. Minum air putih dapat meningkatkan produksi air liur di mulut yang membantu melembapkan tenggorokan.

Air putih juga dapat membantu membersihkan selaput lendir di tenggorokan. Sehingga infeksi penyebab sakit tenggorokan bisa mereda.

Agar tenggorokan cepat kembali normal, minum air sekitar 2 liter dalam sehari. Bisa air putih biasa atau air hangat.

2. Air Garam

Berkumur dengan air garam terkenal ampuh meredakan sakit tenggorokan. Sebab, air garam dapat mengeluarkan banyak lendir dari jaringan di daerah tenggorokan.

Selain itu, air garam juga bisa meredakan gejala iritasi tenggorokan. Caranya ialah dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat.

Namun, berkumur dengan air garam tidak akan langsung menyembuhkan sakit tenggorokan. Anda perlu melakukannya beberapa kali secara rutin.

3. Madu

Madu memang dikenal memiliki berbagai khasiat. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Itu karena madu memiliki kandungan antioksidan, antimikroba dan antiinflamasi yang membantu melawan infeksi serta meredakan nyeri pada tenggorokan.

Madu juga lebih efektif dalam meredakan batuk ketimbang obat batuk biasa. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, gunakan madu mentah lalu campurkan dengan segelas air hangat atau teh.

4. Lemon

Lemon punya kandungan antioksidan dan vitamin C, yang bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh dan melawan peradangan. Lemon juga dapat meningkatkan produksi air liur dan menjaga kelembapan selaput lendir.

Meski dapat mengatasi sakit tenggorokan, takaran konsumsi lemon juga harus tetap diperhatikan. Sebab, asam sitrat dalam buah lemon bisa menyebabkan mulas.

Campurkan perasan lemon dengan air hangat. Lalu minum sekitar 1-2 gelas dalam sehari.

5. Cuka Apel

Cuka apel merupakan hasil ekstrak buah apel segar yang difermentasi dalam jangka waktu tertentu. Proses fermentasi tersebut menghasilkan asam asetat yang dapat membantu melawan bakteri.

Ada dua cara penggunaan cuka apel untuk mengobati sakit tenggorokan. Yaitu diminum atau dijadikan larutan berkumur.

Sebelum menggunakan cuka apel, pastikan telah dicampur dengan air terlebih dahulu. Sebab, cuka apel memiliki rasa asam yang kuat. Sehingga tidak boleh dikonsumsi secara mentah.



Simak Video "Busa Setinggi 2 Meter Muncul di Sungai Mulyorejo, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]