Pangkostrad Pimpin Upacara Pemakaman Pratu Beryl yang Gugur Ditembak KKB

Andhika Dwi - detikJatim
Sabtu, 02 Jul 2022 12:35 WIB
Pangkostrad Maruli Simanjuntak pimpin upacara pemakaman Pratu Beryl di Kediri
Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak pimpin upacara pemakaman Pratu Beryl di Kediri. (Foto: Andhika Dwi/detikJatim)
Kediri -

Pratu Anumerta Beryl Kholif Al Rohman dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Plemahan. Pemakaman itu berlangsung secara militer, dipimpin langsung oleh Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak.

Lokasi pemakaman Pratu Anumerta Beryl Kholif Al Rohman yang gugur di Papua karena serangan kelompok kriminal bersenjata itu berjarak 500 meter dari kediamannya.

"Kami persembahkan jasad Pratu Anumerta Beryl Kholif Al Rohman kepada ibu Pertiwi. Telah gugur hari Rabu (29/7/2022) karena kontak tembak. Roh dan jiwanya kembali ke Tuhan. Semoga mendapat tempat semestinya di alam baka," kata Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak selaku inspektur upacara saat upacara pemakaman, Sabtu (2/7/2022).

Pemakaman Pratu Anumerta Beryl Kholif Al Rohman tak hanya dihadiri ratusan prajurit. Mulai dari Perwira, Bintara, Tamtama TNI AD, hingga warga, Forkompinda Kediri, mulai dari Sekertaris Daerah Pemkab Kediri, Dandim 0809, dan Kapolres Kediri juga mengikuti upacara ini.

Semasa hidupnya, almarhum dikenal sebagai seorang yang santun, saleh dan rendah hati. Bahkan, setelah lulus dari SMA, Pratu Berly sempat 6 kali mendaftar sebagai anggota TNI sebelum akhirnya lolos menjadi anggota TNI AD.

"Ini memang risiko penugasan kerja, namun kami telah berlatih maksimal untuk menghindari jatuhnya korban jiwa. Itulah risiko tugas kita sebagai anggota TNI, " kata Maruli.

Sebelumnya, Pratu Anumerta Beryl Kholif Al Rohman ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyerang Pos TNI. Insiden tersebut terjadi di Kiwirok, kabupaten Pengunungan Bintang, Papua, sekitar pukul 15.30 WIT, Rabu (29/6/2022) sore.



Simak Video "Cerita Horor Aksi Pelaku Pembacokan Membabi Buta di Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(dte/dte)