Momen Buya Arrazy saat Diundang Podcast Deddy Corbuzier

Momen Buya Arrazy saat Diundang Podcast Deddy Corbuzier

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 23 Jun 2022 10:37 WIB
buya arrazy saat podcast
Thumbnail Buya Arrazy saat diundang podcast Deddy Corbuizer (Foto: tangkap layar)
Surabaya -

Buya Arrazy Hasyim tengah menjadi perbincangan setelah anaknya meninggal tertembak. Sosok Buya Arrazy ternyata pernah diundang podcast Deddy corbuzier. Berikut ulasannya.

Podcast Buya Arrazy Hasyim dan Deddy Courbuizer ditayangkan 23 Desember 2021 dengan penonton 2,6 juta orang hingga hari ini, Kamis (23/6/2022). Serta disukai lebih 72 ribu dan mendapat komentar sebanyak 17 ribu.

Podcast tersebut berjudul 'SELAMAT NATAL ILMU BUYA ARAZZY!!'. Dalam podcast tersebut, keduanya membahas masalah ucapan natal yang kerap menjadi kontroversi di Indonesia.

"Kita cuma ingin ngasih tau pada umat bahwa ini ada perbedaan pendapat ulama, yang beda bukan sekelas saya, yang beda sekelas guru-guru saya, kalau mereka berbeda, dan mereka tidak saling hujat-menghujat, kenapa kita saling menghujat?," ujar Buya dalam podcast tersebut.

Pada data yang dihimpun detikJatim, Buya Arrazy lahir di Koto Tangah, Payakumbuh, Sumatra Barat pada 21 April 1986. Ia merupakan mubaligh dan pendiri sekaligus pengasuh Ribath Nouraniyah Hasyimiyah.

Arrazy tamat SD pada 1998, di Payakumbuh. Lalu ia melanjutkan ke MTsN dan lulus pada 2001.

MAN 2/MAKN Payakumbuh sempat menjadi tempat Arrazy menimba ilmu. Namun pada 2002, ia pindah ke MAN 1 Model Bukittinggi dan tamat pada 2004.

Kemudian ia mengambil pendidikan ilmu hadis di pesantren mahasiswa Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences. Arrazy lulus pada 2008.

Ia juga mengambil S1 Akidah dan Filsafat Islam di UIN Syarif Hidayatullah. Arrazy lulus setahun kemudian.

Tak hanya itu, Arrazy juga menimba ilmu di pendidikan nonformal, yaitu di Dawrat al-Tathqif al-Shar'i li al-'Ulum al-Islamiyah. Pendidikan nonformal itu digelar Internationalize Zentrum Fur Islamiche Wissenschaften di Bogor. Ia belajar dari 2006 sampai 2008.

Setahun berselang, Arrazy mengambil S-2 Pengkajian Islam di UIN Syarif Hidayatullah dan lulus pada 2011. Seakan terus haus dengan ilmu, ia melanjutkan S-3 di jurusan dan universitas yang sama dan lulus pada 2017.

Arrazy menikah dengan Eli Ermawati MS pada 11 Juli 2010. Mereka dikaruniai tiga anak yaitu Hisyam Faqih Arrazy, Hushaim Shah Wali Arrazy, dan Helena Nour Arrazy.

Sementara Ribath Nouraniyah merupakan lembaga kajian turats, ilmu akidah, tasawuf dan amaliah zikir di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Selain sebagai pengasuh Ribath Nouraniyah, ia juga menjadi Dosen Pascasarjana Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) Jakarta serta pengajar hadis dan akidah di Darus-Sunnah.

Di Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ia juga pernah menjadi dosen. Yakni pada periode 2012-2019.

Sebelumnya diberitakan, putra kedua Buya Arrazy Hasyim meninggal. Balita 3 tahun itu tak sengaja tertembak senjata api di rumah mertuanya di Desa Palang, Kecamatan Palang, Tuban.

Kasat Reskrim Polres Tuban AKP M Gananta mengatakan, sebelum insiden itu terjadi, senjata api milik petugas yang disebut-sebut pengawal Buya Arrazy itu sudah terkunci maksimal.



Simak Video "Maling Motor di Surabaya Gentayangan, Nih Buktinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)