Luluk Juarai Angkat Besi Dunia, Guru-Pelajar SMAN di Pacitan Sujud Syukur

Purwo Sumodiharjo - detikJatim
Selasa, 14 Jun 2022 15:45 WIB
Guru dan murid SMAN Punung Pacitan sujud syukur usai Luluk Diana Tri Wijayana menjuarai ajang IWF Youth World Championship 2022 di Meksiko
Siswa-guru SMAN Punung sujud syukur (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikJatim)
Pacitan -

Lifter putri asal Pacitan, Luluk Diana Tri Wijayana menjuarai ajang IWF Youth World Championship 2022 di Meksiko, Selasa (24/6/2022) dini hari. Siswa kelas X SMA itu tampil di kelas 49 kg putri.

Kemenangan Luluk pada event bergengsi itu menyita perhatian banyak pihak. Tak terkecuali rekan-rekan satu sekolahnya di SMAN Punung. Puluhan siswa menggelar sujud syukur sebagai wujud suka cita.

Pantauan detikJatim kegiatan sujud syukur berlangsung di halaman sekolah. Para pelajar laki-laki berada di barisan kanan. Sementara di sebelah kiri ada pelajar putri.

Di deretan paling depan tampak kepala sekolah dan para guru. Semuanya berdiri menghadap ke barat, atau tepatnya ke gedung sekolah. Guru agama Miftahuddin memimpin sujud syukur dengan bantuan pengeras suara.

Seluruh peserta lantas mengambil posisi sujud. Terik matahari seakan tak mereka hiraukan. Selama sekitar 1 menit, suasana berubah hening. Usai bersujud, para siswa dan guru lalu duduk bersimpuh. Tangan mereka tampak terangkat sementara wajah menunduk. Bersama itu pula permohonan mengalun dalam doa yang dipimpin Miftahuddin.

"Sangat senang dan bangga sekali kepada teman kami Luluk yang memenangkan medali emas di Meksiko," ucap siswi kelas X, Adya Isri usai sujud syukur.

Keren! Atlet Pacitan Juarai Kompetisi Angkat Besi Dunia di MexicoLuluk Diana (Kerudung hitam) Juarai Kompetisi Angkat Besi di Meksiko Foto: (Dok Koni Pacitan)

Di mata Adya, Luluk merupakan sosok yang aktif dan cerdas. Putri pasangan Misno dan Ponijem itu juga dikenal supel dan memiliki banyak teman. Waktunya di luar sekolah pun banyak dihabiskan untuk latihan.

Sebagai teman dekat Adya berharap Luluk terus memupuk keterampilannya. Sehingga prestasinya di dunia olah raga angkat berat terus melambung di event dunia lainnya.

Plt Kepala SMAN Punung Agus Zamroni mengaku sangat berbahagia. Ini karena anak didiknya mampu membawa harum nama Indonesia di kancah internasional. Hal itu pula yang menjadi alasan digelarnya sujud syukur bersama segenap unsur sekolah.

"Kami keluarga besar mulai dari bapak ibu guru, siswa tentunya juga masyarakat Pacitan merasa bersyukur sehingga kami melaksanakan sujud syukur," ucap Agus.

Untuk diketahui, ajang IWF Youth World Championship 2022 diikuti 205 Lifter remaja. Mereka terdiri terdiri dari 115 putri dan 90 putra dari 39 negara.

Pada event bergengsi di Kota Leon, perempuan kelahiran Pacitan, 9 Agustus 2005 itu berhasil mengangkat Snatch 75 kg serta Clean & Jerk 95 kg. Sehingga dirinya meraih total angkatan 170 Kg.

Adapun juara kedua diraih atlet asal Polandia, Oliwia W. Drzazga dengan total angkatan 161 Kg. Sedangkan peringkat ketiga ditempati atlet tuan rumah Gonzalez J. Lopez dengan total angkatan 153 Kg.



Simak Video "Guru-Siswa SMAN di Pacitan Sujud Syukur Rayakan Luluk Juara Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)